Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) dalam Pendidikan Sains

Yulistiana Yulistiana(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) peserta didik dapat terbiasa memiliki pola
pikir yang menyeluruh (komprehensif) dalam memandang materi biologi sebagai science yang terintegrasi dengan environment, technology and society; (2) SETS dapat membuat peserta didik mengetahui bahwa teknologi mempengaruhi laju pertumbuhan sains, serta dampaknya bagi lingkungan dan masyarakat; (3) dengan SETS siswa menjadi lebih tertarik dalam mempelajari materi biologi karena dikaitkan dengan hal-hal nyata dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengetahuan yang dimiliki. Dalam pembelajaran SETS terkandung harapan bahwa di dalam memanfaatkan sains untuk kepentingan masyarakat, yang di antaranya dalam
bentuk teknologi, diharapkan agar praktik dan produknya tidak merusak atau merugikan lingkungan dan masyarakat itu sendiri. Pembelajaran berbasis SETS mensyaratkan pendidik dan peserta didik mengeksplorasi segala kemungkinan yang dapat terjadi dalam kesalingterkaitan antara konsep yang sedang dibelajarkan dengan pengaruhnya dengan proses pembelajaran. Dari penelitian ini diperoleh hasil, SETS akan bermakna apabila diperlakukan sebagai kemampuan kerja ilmiah yang dikembangkan, diterapkan dan diukur selama proses pembelajaran berlangsung.

Kata kunci : SETS, metode, pendekatan, pembelajaran, sains.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran Berbasis SETS. Jakarta: Grafindo Persada.

Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Binadja, A. 2002. Hakekat dan tujuan pendidikan SETS dalam kontek kehidupan dan pendidikan yang ada. Makalah Seminar dan Lokakarya Nasional.

Colburn. 2010. An inquiry primer, science scope. Journal of Science Education, 22 (4): 42-44.

Hamalik. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kemmis & Taggart.1988. The Action Research Planner (Third Edition). Victoria: Deakin University Pres.

Sardiman, AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sharan, S. 1980. Cooperative learning in small groups: recent methods and effects on achievement, attitudes, and ethnic relations. Review of educational Research, 50, 241 – 258. [versi elektronik].

Suparwoto. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyono. 2008. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats