Perbandingan Efektifitas Metode Resource Based Learning dengan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Biologi

Netty Demak H. Sitanggang(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Research methods used to analyze the experimental method, whereas
hypothesis testing using t-test for mean difference test, which had previously been carried out using test Liliefors normality test and homogeneity test using Fisher's exact test. Based on experimental data normality test class using test formula obtained Liliefors Lo < Ltable (0:08 <0.19), while the control class Lo < Ltable (0.109 <0.19), of the data can be expressed both classes are normally distributed, whereas the F value obtained for test of homogeneity < Ftable (1.13 < 2.165) is homogeneous. Based on the hypothesis test for the difference of the average grade is performed using the t-test showed tcount > ttable
(4,647 > 2,093), then the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. The findings of this study concluded that the results of a study conducted by the Biological Resource Based Learning method for the material being taught Ecosystem differences with discussion on lesson using materials Ecosystems Biology class X MA Al-Khairiyah.



Keywords


resource-based learning method, the method of discussion, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Amien, Muhammad. 1983. Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Amin, Mohamad. 2009. Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Yogyakarta: Rineka Cipta.

Bahri Djamarah, Syaiful. 1997. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyanta, Hari. 2011. Pengertian Hasil Belajar Biologi. Dalam http://dasarteori.blogspot.com/ 2011/ 08/ pengertian- hasil- belajar- biologi.html. Di Akses

pada Tanggal 23 Mei 2012.

Degeng dan Nyoman Sudana. 1998. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta.

Departemen P&K Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan

Tenaga Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdinand, Fictor dan Moekti Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 1. Jakarta: Pusat

Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Siti dan Suparman. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Indraprasta PGRI.

Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.

Ihsan, Fuad. 1996. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriyanto.2006. Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara.

James, Popham W., dan Eva L. Baker. 2008. Teknik Mengajar secara Sistematis.

Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada

Media.

Munadi, Yudhi dan Farida Hamid. 2011. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,

Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta:

Bumi Aksara.

Novel, Sinta Sasika. 2010. Rangkuman Biologi SMA. Jakarta: Transmedia.

Odum, E. HLM. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Terjemahan oleh Tjahjono Samingan dari

buku Fundamentals of Ecology. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priadi, Arif. 2009. Biology 1 for Senior High School. Jakarta: Yudhistira.

Riyadi, Pawit. 2011. Hakikat Pembelajaran Biologi. Dalam

http://pawitriyadi87.blogspot.com/2011/12/hakikat-pembelajaran biologi. html.

Di Akses pada Tanggal 23 Mei 2012.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arief, Anung Haryono Rahardjo dan Hardjito. 1986. Media Pendidikan,

Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Safari. 2008. Analisis Butir Soal. Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI).

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiadi, Y. 1983. Pengertian Dasar tentang Konsep Ekosistem. Bogor: Fakultas

Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Slameto. 1998. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina

Aksara.

Subana. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Soemarwoto, E. 1983. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta:

Penerbit Djambatan.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:

Rosda.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, Herawati. 2004. Materi Pokok Kapita Selekta Pembelajaran Biologi. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Syamsuri, Istamar.2004. Biologi SMA X. Jakarta: Erlangga.

Widarti, Sri. 2006. Strategi Meningkatkan Kreatifitas Mendesain Busana Melalui

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Resource Based Learning. Yogyakarta:

Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Widayati, Sri. 2009. Biologi SMA X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan

Nasional.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Formatif UNINDRA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats