Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Yuan Andinny(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to investigate the influence of self-concept on academic achievement, the influence of positive thinking on learning achievement
as well as the influence of self-concept and positive thinking to mathematics
achievement. The method used was a survey method. Population targeted in this study were all students of class XI SMK State Citra, Depok. Samples were taken by simple random sampling technique, as many as 35 students. The research instrument consisted of 2 kinds of mathematics achievement (test scores), self-concept and positive thinking (a questionnaire). Data were analyzed by multiple regression correlation techniques. Hypothesis testing results show that there is significant self-concept on mathematics achievement, there is the influence of positive thinking on mathematics achievement, and there is the influence of self-concept and positive thinking together on mathematics achievement.


Keywords


self-concept, positive thinking, learning achievement, mathematic

Full Text:

PDF

References


Adelia, Winda. 2011. Kehebatan Berpikir Positif. Yogyakarta: Sinar Keroja.

Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Angkowo, R dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta:

Grasindo..

Aulia, Muhammad. 2010. Obat Cespleng Bisa Berpikir Positif. Jogjakarta: Flash Book.

DEPDIKNAS. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

El-Qudsy, Irfan. 2010. Keajaiban Berpikir Positif. Yogyakarta: Media Baca

Gunawan, Adi W. 2007. Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Hasbullah. 2012. Pengaruh komunikasi keluarga dan kemampuan awal IPA

terhadap prestasi belajar IPA. Jurnal Formatif, 2 (1): 45-57

Hasnidar. 2011. Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi

Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

http: //jurnalberita.com/2011/08/berpikir-positif-kurangi-resiko-kanker-payudara/

Diakses, Rabu 10 April 2013. 08.30 WIB.

Jalaludin, Rakhmat. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karlina, Dedeh. 2003. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar.

Skripsi Fakultas Ilmu Sosial. Jakarta: UNJ.

Leonard dan Supardi U.S. 2010. Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika,

dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Cakrawala

Pendidikan, 29 (3): 341-353.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Rosdakarya.

Rahardi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Siagian, Roida Eva Flora. 2009. Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Matematika dan

Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar

Matematika. Tesis. Fakultas Teknik Matematika dan IPA, Universitas Indraprasta

PGRI.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Suchdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan

yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Surya, Yohanes. 2006. MESTAKUNG Rahasia Sukses Juara Dunia Olimpiade

Fisika. Jakarta: Hikmah.

Team Dosen Kewirausahaan. 2012. Modul Perkuliahan kewirausahaan. Jakarta:

Universitas Indraprasta PGRI.

Ubaedy, An. 2008. Kedahsyatan Berpikir Positif. Depok: PT Visi Gagas Komunikasi.

Wardoyo, Sisca. 2010. Dahsyatnya Berpikir Positif. Yogyakarta: Manika Books.

Wijaya, Andreas. 2011. Hubungan antara kepercayaan diri dan tingkat kecemasan

pada pasien yang berobat ke dokter gigi. Jurnal Majalah Ilmu Kedokteran Gigi.

UGM, 5 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Jurnal Formatif UNINDRA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats