Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to investigate the influence of self-concept on academic achievement, the influence of positive thinking on learning achievement
as well as the influence of self-concept and positive thinking to mathematics
achievement. The method used was a survey method. Population targeted in this study were all students of class XI SMK State Citra, Depok. Samples were taken by simple random sampling technique, as many as 35 students. The research instrument consisted of 2 kinds of mathematics achievement (test scores), self-concept and positive thinking (a questionnaire). Data were analyzed by multiple regression correlation techniques. Hypothesis testing results show that there is significant self-concept on mathematics achievement, there is the influence of positive thinking on mathematics achievement, and there is the influence of self-concept and positive thinking together on mathematics achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, Winda. 2011. Kehebatan Berpikir Positif. Yogyakarta: Sinar Keroja.
Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Angkowo, R dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta:
Grasindo..
Aulia, Muhammad. 2010. Obat Cespleng Bisa Berpikir Positif. Jogjakarta: Flash Book.
DEPDIKNAS. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
El-Qudsy, Irfan. 2010. Keajaiban Berpikir Positif. Yogyakarta: Media Baca
Gunawan, Adi W. 2007. Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Hasbullah. 2012. Pengaruh komunikasi keluarga dan kemampuan awal IPA
terhadap prestasi belajar IPA. Jurnal Formatif, 2 (1): 45-57
Hasnidar. 2011. Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http: //jurnalberita.com/2011/08/berpikir-positif-kurangi-resiko-kanker-payudara/
Diakses, Rabu 10 April 2013. 08.30 WIB.
Jalaludin, Rakhmat. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karlina, Dedeh. 2003. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar.
Skripsi Fakultas Ilmu Sosial. Jakarta: UNJ.
Leonard dan Supardi U.S. 2010. Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika,
dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Cakrawala
Pendidikan, 29 (3): 341-353.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Rosdakarya.
Rahardi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Siagian, Roida Eva Flora. 2009. Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Matematika dan
Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar
Matematika. Tesis. Fakultas Teknik Matematika dan IPA, Universitas Indraprasta
PGRI.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.
Suchdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan
yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Surya, Yohanes. 2006. MESTAKUNG Rahasia Sukses Juara Dunia Olimpiade
Fisika. Jakarta: Hikmah.
Team Dosen Kewirausahaan. 2012. Modul Perkuliahan kewirausahaan. Jakarta:
Universitas Indraprasta PGRI.
Ubaedy, An. 2008. Kedahsyatan Berpikir Positif. Depok: PT Visi Gagas Komunikasi.
Wardoyo, Sisca. 2010. Dahsyatnya Berpikir Positif. Yogyakarta: Manika Books.
Wijaya, Andreas. 2011. Hubungan antara kepercayaan diri dan tingkat kecemasan
pada pasien yang berobat ke dokter gigi. Jurnal Majalah Ilmu Kedokteran Gigi.
UGM, 5 (3).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Jurnal Formatif UNINDRA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats