Kualitas Butir Soal Matematika pada Ujian Sekolah SDIT Al Fatih

Shinta Dewi(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Ujian sekolah secara empiris ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. pelajaran matematika tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan  deskriptif kuantitatif. Jumlah subyek penelitian adalah 51 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar jawaban 30 butir soal matematika kelas VI SDIT Al Fatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebesar 50% butir soal  memenuhi kriteria validitas, 50% butir soal memenuhi kriteria taraf kesukaran, 70% butir soal memenuhi kriteria daya beda, 43,3% butir soal memenuhi kriteria efektifitas pengecoh dan tingkat reliabilitas instrumen memenuhi syarat. Secara keseluruhan soal Ujian Sekolah tersebut kualitasnya cukup baik.

Keywords


Kualtas butir soal; Matematika; Ujian sekolah; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Sultan Agung Press.

Ahmad, N. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2002). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali & Pudji. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. 2008. Jakarta: Grafindo.

Haryanto, D. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan, Vol.1. No.2.

Muzayanah. (2015). Kualitas Butir Soal PAI Pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Jurnal SMART, Vol.01. 125.

Naga, D S. (2013). Teori Skor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT Nagarani Citrayasa.

Raharja, N S. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah Produktif Pemasaran kelas XII SMK Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Vol.3. No.3.

Rahayu, Puri dan Eny Sukampti. (2017). Analisis Butir Soal Ulangan Kenaikan Kelas Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.XI, No.1.

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Riadi, Edi. (2016). Statistik Penelitian. Yogyakarta; Penerbit Andi.

Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Statistik dalam Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Suryanto, Adi & Tedjo Djatmiko. (2016). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tilaar & Hasriyanti. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, Vol 8. 57-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shinta Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.