Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dimasa Pandemi Covid-19

Iva Sarivah(1), Zulela Z(2), Galih A’raaf Prajna Paramitha(3*)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh keterlibatan orang tua dalam memotivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan instrument penelitian angket keterlibatan orang tua dan motivasi belajar yang berjumlah 30 butir pernyataan untuk setiap variabelnya. Uji analisis data menggunakan uji korelasional dengan uji persyaratan dan uji hipotesis regresi sederhana. Sampel penelitian adalah 30 orang tua dan siswa kelas IV SD yang bertempat tinggal di Wilayah Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota tangerang, Banten yang dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang sigifikan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar siswa dimasa pandemi, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 dan Fh = 22.141. Variabel keterlibatan orang tua memberikan kontribusi sebesar 44% terhadap variabel motivasi belajar siswa kelas IV dimasa pandemi Covid-19. Sehingga,  terdapat pengaruh antara keterlibatan orang tua dengan motivasi belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Keywords


Keterlibatan orang tua dalam pendidikan; Motivasi belajar siswa; Masa Pandemi; Covid-19.

References


Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasisw PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58.

Arief furchan, 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Briliannur. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1733851

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Conway, K. S., & Houtenville, A. J. (2008). Parental Effort, School Resources, and Student Achievement. The Journal of Human Resources. XLIII. 2.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dhiada, Rahminur. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Edusentris : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 61–71.

Epstein, J. L., & Becker, H. J. (2018). Teachers’ reported practices of parent involvement: Problems and possibilities. School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools, 83(2), 115–128. https://doi.org/10.4324/9780429493133

Fatmawati, Indah, dkk. (2021). Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas Terhadap Tingkat Stress Akademik Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar , 8(1), 12-19. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8639

Fauziah, Afifah. 2019. Hubungan Ketrelibatan Orang Tua dalam Memotivasi belajar Siswa dengan Prestasi Belajar PAI Kelas XI Siswa di SMA Swasta PGRI 12 Medan. (Skripsi, UIN Sumatera Utara).

Gonzales-DeHass, A.R., Willems, P.P., & Holbein, M.F.D. 2005. Examining The Relationship Beteen Parental Involvment and Student Motivation. Educational Psychology Review, 17(2).

Hasan, M. 2010. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA Press

Kusumaningrum, B., Singgih Kuncoro, K., & Astuti Arigiyati, T. (2020). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 145.

Mann, M., Hosman, C. M. H., Schaalma, H. P., & De Vries, N. K. (2004). Self-esteem in a broad-spectrum approach for mental health promotion. Health Education Research, 19(4), 357–372. https://doi.org/10.1093/her/cyg041

Marliana, Izna. (2020). Pengamat Sebut Pembelajaran Daring Kurang Efektif Bagi Jenjang TK dan SD, Orang Tua Berperan Ganda. https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/05/07/pengamat-sebut-pembelajaran-daring-kurang-efektif-bagi-jenjang-tk-dan-sd-orang-tua-berperan-ganda?page=all

Mustamin. 2015. Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Dalam Berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Galesong Baru Makassar (Skripsi, UIN Alauddin Makassar). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8325/

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom: Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 213–226.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L., (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.

Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Tri Nathalia Palupi. (2020). Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JP3SDM, Vol. 9. No. 2

Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua- dalampembelajaran-jarak-jauh/

Wyatt Kaminski, J., Valle, L. A., Filene, J. H., & Boyle, C. L. (2008). A meta-analytic review of components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal Child Psychology, 36(4), 567–589. https://doi.org/10.1007/s10802-007-9201-9

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i3.9887

Refbacks



Copyright (c) 2021 Iva Sarivah Zulela Galih A’raaf Prajna Paramitha, Iva Sarivah Zulela Galih A’raaf Prajna Paramitha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.