Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dimasa Pandemi Covid-19
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasisw PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58.
Arief furchan, 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Briliannur. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1733851
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Conway, K. S., & Houtenville, A. J. (2008). Parental Effort, School Resources, and Student Achievement. The Journal of Human Resources. XLIII. 2.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dhiada, Rahminur. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Edusentris : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 61–71.
Epstein, J. L., & Becker, H. J. (2018). Teachers’ reported practices of parent involvement: Problems and possibilities. School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools, 83(2), 115–128. https://doi.org/10.4324/9780429493133
Fatmawati, Indah, dkk. (2021). Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas Terhadap Tingkat Stress Akademik Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar , 8(1), 12-19. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8639
Fauziah, Afifah. 2019. Hubungan Ketrelibatan Orang Tua dalam Memotivasi belajar Siswa dengan Prestasi Belajar PAI Kelas XI Siswa di SMA Swasta PGRI 12 Medan. (Skripsi, UIN Sumatera Utara).
Gonzales-DeHass, A.R., Willems, P.P., & Holbein, M.F.D. 2005. Examining The Relationship Beteen Parental Involvment and Student Motivation. Educational Psychology Review, 17(2).
Hasan, M. 2010. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA Press
Kusumaningrum, B., Singgih Kuncoro, K., & Astuti Arigiyati, T. (2020). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 145.
Mann, M., Hosman, C. M. H., Schaalma, H. P., & De Vries, N. K. (2004). Self-esteem in a broad-spectrum approach for mental health promotion. Health Education Research, 19(4), 357–372. https://doi.org/10.1093/her/cyg041
Marliana, Izna. (2020). Pengamat Sebut Pembelajaran Daring Kurang Efektif Bagi Jenjang TK dan SD, Orang Tua Berperan Ganda. https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/05/07/pengamat-sebut-pembelajaran-daring-kurang-efektif-bagi-jenjang-tk-dan-sd-orang-tua-berperan-ganda?page=all
Mustamin. 2015. Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Dalam Berbahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Galesong Baru Makassar (Skripsi, UIN Alauddin Makassar). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8325/
Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom: Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 213–226.
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.
Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L., (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.
Shochib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Tri Nathalia Palupi. (2020). Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JP3SDM, Vol. 9. No. 2
Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua- dalampembelajaran-jarak-jauh/
Wyatt Kaminski, J., Valle, L. A., Filene, J. H., & Boyle, C. L. (2008). A meta-analytic review of components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal Child Psychology, 36(4), 567–589. https://doi.org/10.1007/s10802-007-9201-9
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i3.9887
Refbacks
Copyright (c) 2021 Iva Sarivah Zulela Galih A’raaf Prajna Paramitha, Iva Sarivah Zulela Galih A’raaf Prajna Paramitha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |