Relevansi Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Menengah Atas

Tiara Setyoningrum(1*), Yustika Lindawati(2)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Media sosial menjadi salah satu budaya populer yang merebak di masyarakat, dengan jumlah pengguna terbesar didominasi oleh kalangan remaja yang masih berstatus sebagai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi relevansi penggunaan media sosial oleh para siswa SMA terhadap hasil belajar kognitif dalam mata pelajaran Sosiologi. Penelitian dengan pendekatan survey dilakukan terhadap 35 orang siswa SMA di kabupaten Tangerang. Teknik pemilihan responden secara purposive dengan menentukan kriteria yaitu siswa SMA kelas XI IPS yang sudah mempelajari materi pelajaran Sosiologi tentang kelompok sosial dan masalah sosial. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabulasi data berupa tabel dan diagram untuk dirumuskan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media sosial telah digunakan oleh responden untuk mendukung proses pembelajaran di sekolahnya; 2) responden memanfaatkan media sosial untuk berdiskusi, berbagi informasi ataupun mencari informasi terkait materi pelajaran Sosiologi; 3) guru mata pelajaran Sosiologi memanfaatkan media sosial youtube dan WhatsApp dalam proses pembelajaran; 4) hasil tes pengukuran kompetensi kognitif berada di kategori cukup; 5) penggunaan media sosial oleh responden ternyata tidak memberi peran signifikan terhadap kompetensi kognitifnya.


Keywords


Media sosial; Hasil belajar kognitif; Siswa SMA; Pembelajaran daring; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Afnibar, & N, D. F. (2020). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Al Munir : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 70–83.

Anggraeni, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal ppkn & hukum, 13(1), 64–76.

Esto, e., daud, m. H., & ilyas. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Jurusan IPA Sman I Talibura. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 2726–2729.

Kuntari, S., Setiawan, R., & Lindawati, Y. I. (2021). Pengaruh Online Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Kuliah Teori Sosiologi Modern. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).

Lindawati, Y. I., & Rahman, C. A. (2020). Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding seminar nasional Pendidikan FKIP Untirta, 3(1), 60–67.

Najamuddin, Negara, H. R. P., Ramdhani, D., & Nurman, M. (2019). Sosial Media dan Prestasi Belajar: Studi Hubungan Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa. J u r n a l t a t s q i f : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 70–86. Http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif%0ap

Nofatin, Sulistyarini, & Buwono, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Dampak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts Of Students’ Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201.

Setiawan, R. (2021). Keterlekatan Internet dalam Aktivitas Keseharian dan Pendidikan Generasi Milenial. Jurnal Sosioteknologi, 20(1), 66–79.

Sobron, A. N., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Suprapto, H. A., Rusdi, M., & Paryono. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Jaka Mulya Bekasi Selatan. Else (Elementary School Education Journal ), 1(1).

Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika, 17(1), 335–344.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Pemerintah, 5(1), 31–34.

Wicaksono, M. A. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Jom FISIP, 4(2), 1–13.

Wilson, a. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP (susunan artikel pendidikan), 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tiara Setyoningrum, & Yustika Lindawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.