E-Learning: Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pembelajaran dengan Google Classroom

Rahmat Winata(1), Rizki Nurhana Friantini(2*), Sukirno Sukirno(3)

(1) STKIP Pamane Talino, Indonesia
(2) STKIP Pamane Talino, Indonesia
(3) SMKN 4 Balikpapan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMKN 4 Balikpapan pada E-Learning dengan bantuan Google Classroom. Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 4 Balikpapan tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan metode kolmogorov-smirnov, heteroskedastisitas dengan metode Glejser, outokorelasi dengan metode Run, multikolinieritas dengan menggunakan metode Tolerance (TOL) dan Variance Inflation Factor (VIF), dan linieritas menggunakan metode Lagrange Multiplier. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMKN 4 Balikpapan pada E-Learning dengan bantuan Google Classroom. Dari hasil R Square = 0,341 x 100 % = 34,1% yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMKN 4 Balikpapan pada E-Learning dengan bantuan Google Classroom dapat dijelaskan oleh kemandirian belajar sebesar 34,1%.

Keywords


E-Learning; Google Classroom; Kemandirian belajar; Pemahaman konsep.

Full Text:

PDF

References


Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Ahmad, L. F., Danial, M., & Gani, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 2 Gowa Tahun Ajaran 2017/2018 (STUDI MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA). Chemistry Education Review (CER), 2(2), 58–66.

Amalia, S. R., & Puwaningsih, D. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Web Course Berbantuan Google Classroom, Whatsapp Group Terhadap Pemahaman Konsep. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 917. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3009

Anas, A., & Munir, N. P. (2020). Penerapan Media E-Learning Berbasis Proyek Terhadap Kemandirian Belajar Dan Pemahaman. Pedagogy, 5(1), 9–19.

Belanisa, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada Mts Swasta di Kota Tangerang Selatan ). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 73–79.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2020). Disposisi Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom Masa Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 53–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1068

Herwanto, H., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul, 4(2), 72–77.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How? Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1789672

Isa, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tuaterhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey Pada SMANegeri Kota Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 288.

Kurniawati, I. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Kalkulus the Effect of Using Google Classroom on. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2020, 477–482.

Kusmayanti, T. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada SMP Negeri di Kota Cilegon ). Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 313–320.

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–89.

Natalia, D. (2016). Eksperimen Model Pembelajaran Mathematic Missouri Project ( Mmp ) Dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Kemandirian Dan. November 2015, 128–133.

Rosa, N. M., & Rahmawati, E. Y. (2019). Peran Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep. DPNPM Unindra 2019, 0812(80), 253–260.

Rostyanta, I., Sutiadiningsih, A., Bahar, A., & Miranti, M. G. (2020). Pengaruh Pembelajaran Dengan Google Classroom Diintegrasikan Video Interaktif Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Bertanggung Jawab. Jurnal Tata Boga, 9(1), 142–153.

Satriani, R. D., Wangid, M. N., & PA, P. (2020). Pengaruh Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1137–1147. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3181

Solahudin, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. METATIKA, 1(2), 12–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahmat Winata, Rizki Nurhana Friantini, Sukirno Sukirno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.