E-Learning: Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pembelajaran dengan Google Classroom
(1) STKIP Pamane Talino, Indonesia
(2) STKIP Pamane Talino, Indonesia
(3) SMKN 4 Balikpapan, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.
Ahmad, L. F., Danial, M., & Gani, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 2 Gowa Tahun Ajaran 2017/2018 (STUDI MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA). Chemistry Education Review (CER), 2(2), 58–66.
Amalia, S. R., & Puwaningsih, D. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Web Course Berbantuan Google Classroom, Whatsapp Group Terhadap Pemahaman Konsep. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 917. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3009
Anas, A., & Munir, N. P. (2020). Penerapan Media E-Learning Berbasis Proyek Terhadap Kemandirian Belajar Dan Pemahaman. Pedagogy, 5(1), 9–19.
Belanisa, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada Mts Swasta di Kota Tangerang Selatan ). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 73–79.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2020). Disposisi Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom Masa Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 53–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1068
Herwanto, H., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul, 4(2), 72–77.
Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How? Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1789672
Isa, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tuaterhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey Pada SMANegeri Kota Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 288.
Kurniawati, I. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Kalkulus the Effect of Using Google Classroom on. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2020, 477–482.
Kusmayanti, T. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika ( Survei Pada SMP Negeri di Kota Cilegon ). Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 313–320.
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 82–89.
Natalia, D. (2016). Eksperimen Model Pembelajaran Mathematic Missouri Project ( Mmp ) Dengan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Kemandirian Dan. November 2015, 128–133.
Rosa, N. M., & Rahmawati, E. Y. (2019). Peran Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep. DPNPM Unindra 2019, 0812(80), 253–260.
Rostyanta, I., Sutiadiningsih, A., Bahar, A., & Miranti, M. G. (2020). Pengaruh Pembelajaran Dengan Google Classroom Diintegrasikan Video Interaktif Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Bertanggung Jawab. Jurnal Tata Boga, 9(1), 142–153.
Satriani, R. D., Wangid, M. N., & PA, P. (2020). Pengaruh Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1137–1147. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3181
Solahudin, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. METATIKA, 1(2), 12–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rahmat Winata, Rizki Nurhana Friantini, Sukirno Sukirno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |