Gambaran Kecemasan Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

Citra Ayu Kumala Sari(1*), Ali Syahidin Mubarok(2), Umarok Fatul Isa(3), Safitri Dwi Rinjani(4), Ma'ri Fatunnafisah(5)

(1) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(3) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(4) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(5) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran jarak jauh merupakan langkah yang diambil oleh penyelenggara pendidikan sebagai salah satu alternatif agar proses belajar mengajar tetap berjalan. Alternatif ini dalam pelaksanaannya mendapati berbagai macam kendala, salah satunya adalah ketidaksiapan orang tua untuk mendampingi anak-anaknya belajar. Kejadian ini berdampak pada munculnya beragam kecemasan orang tua, khususnya bagi ibu rumah tangga pada saat anak-anak melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tiga orang perempuan yang memiliki anak usia sekolah dasar dengan rentang usia 30-40 tahun. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis tematik dengan pendekatan Theory Driven. Temuan dari penelitian ini adalah kecemasan orang tua yang tidak siap mendampingi proses belajar anak, tingkat konsentrasi yang menurun saat anak belajar, hasil belajar dan capaian pemahaman anak terhadap materi yang kurang maksimal, serta antusias anak dalam belajar yang cenderung menurun. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi salah satu cara mengevaluasi pembelajaran jarak jauh yang terlaksana selama pandemi.

Keywords


Kecemasan; Pembelajaran Jarak Jauh; Pandemi Covid-19; Proses Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adit, A. (2020). Hasil Survei: Berikut 3 Masalah Orangtua Dampingi Anak BDR Halaman all - Kompas.com. kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/15/143509971/hasil-survei-berikut-3-masalah-orangtua-dampingi-anak-bdr?page=all

Boyatsiz, R. E. (1998). Transforming Qualitative Information: Thematic. Analysis and Code Development. Sage Publication.

Efendi, D. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran model distance learning di sekolah dasar kota jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 54. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.400

Ekayanti, N. W., & Puspayanti, D. A. (2020). Peran orang tua dalam mendidik anak ditengah pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 90–97. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1246

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592

Iswinarno, C., & Aranditio, S. (2020). Survei SMRC; 92 Persen Pelajar Indonesia Kesulitan Belajar Online. suara.com. https://www.suara.com/news/2020/08/18/205211/survei-smrc-92-persen-pelajar-indonesia-kesulitan-belajar-online?page=all

Kartono, K. (1989). Psikologi Abnormal dan Abnormal Seksual. CV Mandar Maju.

Kasih, A. P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pjj pada masa pandemi Covid 19. In Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 7, Nomor 2). https://doi.org/10.30998/FJIK.V7I2.6411

Mukaromah, N. (2020). Persepsi orang tua siswa dan guru sekolah dasar terhadap pembelajaran jarak jauh (pjj) berbasis pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 | Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami. Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami, 8(2), 1–20. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/4015

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (1 ed.). Erlangga.

Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia |. iain-surakarta.ac.id. https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/

Putra, N. P. (2020). Solusi pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp group di era new normal pada warga belajar paket c di pusat kegiatan belajar masyarakat (pkbm) bina insani | Putra | JIPSINDO. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939

Ramadhan, A., & Egidius, P. (2021). Kemendikbud Akui Pembelajaran Jarak Jauh Menurunkan Kualitas Belajar. kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/01/23/14201841/kemendikbud-akui-pembelajaran-jarak-jauh-menurunkan-kualitas-belajar

Sandi, F. (2020). Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja Edisi Revisi. PT Raja Grafindo.

Scully, J. . (2001). National Medical Series For Independent Study Psychiatry (IV). Lippincott Williams & Wilkins.

Setyono, I. L. (2020). Mengatasi Kecemasan Pembelajaran Jarak Jauh | HIMPSI. himpsi.or.id. https://himpsi.or.id/blog/materi-edukasi-covid-19-5/post/mengatasi-kecemasan-pembelajaran-jarak-jauh-120

Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Rafinzar, R., & Pradana, S. A. (2020). Respons orangtua terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh di provinsi sumatera utara. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 143–153. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Spielberger, C. D. (1972). Anxiety: current trends in theory and research (I). Academid Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-657401-2.50008-3

Stuart, G. W. (2006). Buku Saku Keperawatan: Alih Bahasa oleh Ramona P. Kapoh dan Egi Komara Yudha. EGC.

Suciatiningrum, D. (2020). Media | Wahana Visi Indonesia. idntimes.com. https://www.idntimes.com/news/indonesia/dini-suciatiningrum/hasil-survei-wahana-visi-426-persen-anak-rindu-kembali-sekolah

Tribunnews.com. (2021). PPKM Diberlakukan, Kemendikbud: Jumlah Sekolah yang Siap Belajar Tatap Muka Tinggal 14 Persen - Tribunnews.com. tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/23/ppkm-diberlakukan-kemendikbud-jumlah-sekolah-yang-siap-belajar-tatap-muka-tinggal-14-persen

Wiryono, S., & Gatra, S. (2020). Ibu yang Bunuh Anak karena Susah Belajar Online Sempat Mengaku Putrinya Hilang Halaman all - Kompas.com. kompas.com. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/09/16/12204241/ibu-yang-bunuh-anak-karena-susah-belajar-online-sempat-mengaku-putrinya?page=all




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Citra Ayu Kumala Sari, Ali Syahidin Mubarok, Umarok Fatul Isa, Safitri Dwi Rinjani, Ma'ri Fatunnafisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.