Gambaran Kecemasan Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19
(1) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(3) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(4) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(5) Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adit, A. (2020). Hasil Survei: Berikut 3 Masalah Orangtua Dampingi Anak BDR Halaman all - Kompas.com. kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/15/143509971/hasil-survei-berikut-3-masalah-orangtua-dampingi-anak-bdr?page=all
Boyatsiz, R. E. (1998). Transforming Qualitative Information: Thematic. Analysis and Code Development. Sage Publication.
Efendi, D. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran model distance learning di sekolah dasar kota jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 54. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.400
Ekayanti, N. W., & Puspayanti, D. A. (2020). Peran orang tua dalam mendidik anak ditengah pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 90–97. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1246
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592
Iswinarno, C., & Aranditio, S. (2020). Survei SMRC; 92 Persen Pelajar Indonesia Kesulitan Belajar Online. suara.com. https://www.suara.com/news/2020/08/18/205211/survei-smrc-92-persen-pelajar-indonesia-kesulitan-belajar-online?page=all
Kartono, K. (1989). Psikologi Abnormal dan Abnormal Seksual. CV Mandar Maju.
Kasih, A. P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pjj pada masa pandemi Covid 19. In Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 7, Nomor 2). https://doi.org/10.30998/FJIK.V7I2.6411
Mukaromah, N. (2020). Persepsi orang tua siswa dan guru sekolah dasar terhadap pembelajaran jarak jauh (pjj) berbasis pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 | Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami. Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami, 8(2), 1–20. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/4015
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (1 ed.). Erlangga.
Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia |. iain-surakarta.ac.id. https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/
Putra, N. P. (2020). Solusi pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp group di era new normal pada warga belajar paket c di pusat kegiatan belajar masyarakat (pkbm) bina insani | Putra | JIPSINDO. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939
Ramadhan, A., & Egidius, P. (2021). Kemendikbud Akui Pembelajaran Jarak Jauh Menurunkan Kualitas Belajar. kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/01/23/14201841/kemendikbud-akui-pembelajaran-jarak-jauh-menurunkan-kualitas-belajar
Sandi, F. (2020). Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja Edisi Revisi. PT Raja Grafindo.
Scully, J. . (2001). National Medical Series For Independent Study Psychiatry (IV). Lippincott Williams & Wilkins.
Setyono, I. L. (2020). Mengatasi Kecemasan Pembelajaran Jarak Jauh | HIMPSI. himpsi.or.id. https://himpsi.or.id/blog/materi-edukasi-covid-19-5/post/mengatasi-kecemasan-pembelajaran-jarak-jauh-120
Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Rafinzar, R., & Pradana, S. A. (2020). Respons orangtua terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh di provinsi sumatera utara. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 143–153. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Spielberger, C. D. (1972). Anxiety: current trends in theory and research (I). Academid Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-657401-2.50008-3
Stuart, G. W. (2006). Buku Saku Keperawatan: Alih Bahasa oleh Ramona P. Kapoh dan Egi Komara Yudha. EGC.
Suciatiningrum, D. (2020). Media | Wahana Visi Indonesia. idntimes.com. https://www.idntimes.com/news/indonesia/dini-suciatiningrum/hasil-survei-wahana-visi-426-persen-anak-rindu-kembali-sekolah
Tribunnews.com. (2021). PPKM Diberlakukan, Kemendikbud: Jumlah Sekolah yang Siap Belajar Tatap Muka Tinggal 14 Persen - Tribunnews.com. tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/23/ppkm-diberlakukan-kemendikbud-jumlah-sekolah-yang-siap-belajar-tatap-muka-tinggal-14-persen
Wiryono, S., & Gatra, S. (2020). Ibu yang Bunuh Anak karena Susah Belajar Online Sempat Mengaku Putrinya Hilang Halaman all - Kompas.com. kompas.com. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/09/16/12204241/ibu-yang-bunuh-anak-karena-susah-belajar-online-sempat-mengaku-putrinya?page=all
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Citra Ayu Kumala Sari, Ali Syahidin Mubarok, Umarok Fatul Isa, Safitri Dwi Rinjani, Ma'ri Fatunnafisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |