Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match
(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tambun Selatan, Bekasi, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Ervina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Motivasi Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia di SMA Negeri I Bandar Baru. Jurnal Sains Riset Universitas Jabal Ghafur, Volume 7, Nomor 1.
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Komalasari, Kokom. (2015). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lie, Anita. (2012). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Maula, Minatul. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang. Volume 2, Nomor 2.
Milaturrahmah, Naila. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Muhammadiyah 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Novira, Ranti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X di SMKN 1 Padang Panjang. Jurnal EcoGen. Volume 1, Nomor 2.
Rusyan, Tambrani dan Atang Kusdinar. (2016). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: IKIP Semarang Press.
Sirait, Makmur. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI. Volume 1, Nomor 3.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumaryanta, S., Priatna, N., & Sugiman, S. (2019). Mapping of the Result of Mathematics. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6, 543–557. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/
Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. (2016). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wiraatmadja, Rochiati. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.9188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edah Jubaedah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |