Keefektifan Think Pair Share (TPS) dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chairuddin, C., & Farman, F. (2019). The effectiveness of scientific approach and problem-solving approach in problem-based learning in Class IX of SMP Negeri 3 Pangsid. Journal of Mathematics. Education, 4(2), 69-75. http://doi.org/10.31327/jomedu.v4i2.1010
Depdiknas. (2006). Panduan Lengkap KTSP Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas
Dwita, A., Bharata, H., & Noer, S.H. (2018). Efektivitas Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(7).
Farman. 2020. Development of Mathematics Learning Design through Problem Posing Approach for Developing Mathematical Reasoning Ability. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development ICSCCD 2018
Farman & Chairuddin. 2020. Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pythagoras. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7 (2)
Firdawati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kategori Pengetahuan Awal Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kolaka.Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN.
Handayani, Dian. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII MTs. S Al- Wasliyah Tahun Ajaran 2016/2017. Sumatra Utara Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Online. http:/repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3121-skripsi-PDF.pdf. Diakses 10 Mei 2018.
Islamiati, Eka. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts An-Nur Rantebaru. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN
Nasrum, Akbar. (2017). Statistical Determination of Kolmogorof-Smirnov (D) by Using anual Way. Journal. Vol 2, No.2, July 2017. ISSN: 2541-6723.
Nurhidayah.(2017). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)TerhadapKemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Kolaka. Skripsi. Tidak diterbitka. Kolaka: FKIP USN
Mulghalib, Imam. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Dikelas IV Mts Borong Pa’La’La Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Online:/repository.uin- alauddin.ac.id/view/creators/Mulghalib.Sripsisi-pdf. Diakses 13 juli 2018.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Rambe, Arjuna Yahdil Fauza dan Afri, Lisa Dwi. (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 175-187. Doi: 10.30821/axiom.v9i2.8069
Rohmah. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Watubangga. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP
Sayuga, Melvin Rahma. 2014 Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) Berbantuan media kartu berpasangan untuk meningkatkan motivasi belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2013/2014. Online http:/eprints.uny.ac.id/id/eprint/15924.Skripsi-pdf. Diakses 19 juli 2018
Saputra, Rian. Cara menganalisis dan menghitungUji Normalitas N-Gain .Online hhtp://toturimaru.blogspot.com/2017/12/uji-gainternormalisasi.html. Diakses 27 April 2018.
Sari, Dian. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Kartu Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Disposisi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kolaka. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN
Sari, N. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Melalui Metode Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Ipa SMA Negeri 1 Kolaka.Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN
Sundaya, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Supratman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Perilaku Berkarakter Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Memperhitungkan Kovariat Disposisi Matematis Siswa SMA. Kendari: Universitas Haluoleo. Tesis.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sri Ambarwati, Fitriyani Hali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |