Keefektifan Think Pair Share (TPS) dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Sri Ambarwati(1), Fitriyani Hali(2*)

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Kolaka pada T.A 2017/2018 kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekpsrimen dengan desain Quasi Eksperimental. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 orang yang terdiri dari kelompok eksperimen 31 orang siswa dan kelompok control dengan jumlah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan observasi. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji independen sampel t-test. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika  siswa kelas VII SMPN 1 Kolaka.

Keywords


Think Pair Share; Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika; Konvensional.

Full Text:

PDF

References


Chairuddin, C., & Farman, F. (2019). The effectiveness of scientific approach and problem-solving approach in problem-based learning in Class IX of SMP Negeri 3 Pangsid. Journal of Mathematics. Education, 4(2), 69-75. http://doi.org/10.31327/jomedu.v4i2.1010

Depdiknas. (2006). Panduan Lengkap KTSP Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas

Dwita, A., Bharata, H., & Noer, S.H. (2018). Efektivitas Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(7).

Farman. 2020. Development of Mathematics Learning Design through Problem Posing Approach for Developing Mathematical Reasoning Ability. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development ICSCCD 2018

Farman & Chairuddin. 2020. Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pythagoras. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7 (2)

Firdawati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kategori Pengetahuan Awal Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kolaka.Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN.

Handayani, Dian. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII MTs. S Al- Wasliyah Tahun Ajaran 2016/2017. Sumatra Utara Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Online. http:/repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3121-skripsi-PDF.pdf. Diakses 10 Mei 2018.

Islamiati, Eka. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts An-Nur Rantebaru. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN

Nasrum, Akbar. (2017). Statistical Determination of Kolmogorof-Smirnov (D) by Using anual Way. Journal. Vol 2, No.2, July 2017. ISSN: 2541-6723.

Nurhidayah.(2017). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)TerhadapKemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Kolaka. Skripsi. Tidak diterbitka. Kolaka: FKIP USN

Mulghalib, Imam. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Dikelas IV Mts Borong Pa’La’La Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Online:/repository.uin- alauddin.ac.id/view/creators/Mulghalib.Sripsisi-pdf. Diakses 13 juli 2018.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rambe, Arjuna Yahdil Fauza dan Afri, Lisa Dwi. (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 175-187. Doi: 10.30821/axiom.v9i2.8069

Rohmah. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Watubangga. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP

Sayuga, Melvin Rahma. 2014 Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) Berbantuan media kartu berpasangan untuk meningkatkan motivasi belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2013/2014. Online http:/eprints.uny.ac.id/id/eprint/15924.Skripsi-pdf. Diakses 19 juli 2018

Saputra, Rian. Cara menganalisis dan menghitungUji Normalitas N-Gain .Online hhtp://toturimaru.blogspot.com/2017/12/uji-gainternormalisasi.html. Diakses 27 April 2018.

Sari, Dian. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Kartu Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Disposisi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kolaka. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN

Sari, N. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Melalui Metode Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Ipa SMA Negeri 1 Kolaka.Skripsi. Tidak diterbitkan. Kolaka: FKIP USN

Sundaya, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Supratman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Perilaku Berkarakter Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Memperhitungkan Kovariat Disposisi Matematis Siswa SMA. Kendari: Universitas Haluoleo. Tesis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Ambarwati, Fitriyani Hali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.