Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(3) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah. (2017). Analisis Minat Belajar Peserta didik SMA Kelas XI pada Materi Matriks: Journal On Education.1.5.
Arikunto, R. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Astuti, P, S. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika: Jurnal Formatif, 5. 69. ISSN: 2088-351X.
Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408
Farman & Chairuddin (2020). Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pythagoras. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(2)
Farman, F., & Chairuddin, C. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114
Gusniwati, R. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Peserta didik SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk: Jurnal Formatif, 1. 32. ISSN: 2088-351X.
Hali, F., Ramlan, A. M., & Farman. (2020). Improving Learning Outcomes of Mathematics Students In Polynomial Topic Through The Reciprocal Teaching Approach In Class XI IA1 SMAN 2 Kendari. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development, 1 (1)
Hartanti, Y. S., & Harini, E. (2016). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3). https://doi.org/10.30738/.v4i3.433
Hendriana, H. Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Adimata.
Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika: Jurnal Formatif, 3. 120.
Lestari, P. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Minat Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang. Skripsi: Semarang. Universitas Negeri Semarang. (di akses pada 04 maret 2020).
Khairunnisa, R. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri Se-kota Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (di akses pada 21 januari 2020).
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659-663
Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 10.
Prantauwatia, K. & Thobirin, A. (2017) Relationship Between Student Learning Environment, How To Learn And Learn Motivation With Results Of Mathematics Students In Class VIII SMP Negeri 2 Pleret. AdMathEduSt, 4(6)
Pratiwi, E. A., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Korelasi Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2) pp. 130-137.
Ramdani, F. (2018). Pengaruh self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri 1 Wundulako. Skripsi. Kolaka: Tidak diterbitkan
Sirait, D, E. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika: Journal Formatif. 1.36.
Sumantri, M. S., & Puspita R. (2014). Hubungan Antara Sikap Matematika Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (2), 84 - 92
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurdianti, Halidin, & Farman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |