Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas Terhadap Tingkat Stres Akademik Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta
(2) Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta
(3) Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A & Prestiadi, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. 978-602.
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. 5(3), 143
Briliannur, D., Amelia, A., Hasanah, U., Putra Mahesha Abdy., & Rahman, Hidayatur. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1)28-33
Damayanthi, A.(2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. EduTech Jurnal Education Technology. 19(3)189-210
Effendy, N. (1998). Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Edisi 2. Jakarta: EGC
Hurlock, E.B. (2004). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Ibung, D. (2008). Stres pada Anak (6-12 Tahun). Jakarta: Elek Media Komputindo.
Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all
Ihsanuddin. (2020). Pemerintah Diminta Lindungi Hak dan Kesejahteraan Pekerja Selama Pandemi. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/08/15020121/pemerintah-diminta-lindungi-hak-dan-kesejahteraan-pekerja-selama-pandemi?page=all
Mahmudah, H., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan Antara Kelekatan Anak-Orang Tua Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sd N Srondol Wetan 02 Semarang Dengan Sistem Pembelajaran Full Day School. Jurnal EMPATI, 7(4), 1160-1169.
Makmun. (1995). Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya
Marliana, Izna. (2020). Pengamat Sebut Pembelajaran Daring Kurang Efektif Bagi Jenjang TK dan SD, Orang Tua Berperan Ganda. https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/05/07/pengamat-sebut-pembelajaran-daring-kurang-efektif-bagi-jenjang-tk-dan-sd-orang-tua-berperan-ganda?page=all
Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212.
Pajarianto, Hadi & Kadir, Abdul & Galugu, Nursaqinah & Sari, Puspa & Februanti, Sofia. (2020). Study from Home in the Middle of the COVID-19 Pandemic: Analysis of Religiosity, Teacher, and Parents Support Against Academic Stress. 1791-1807.
Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.PER-06/MEN/1985 Pasal 1 butir a
Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom: Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 213–226.
Rakhmah. (2020) Survei Beban Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi (2020) https://theconversation.com/survei-beban-pendampingan-belajar-anak-selama-pandemi-lebih-banyak-ke-ibu-ketimbang-ayah-143538
Rani, Baby. 2019. An Emotional Maturity of Children of Working Mothers and Home-Making Mothers. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR). Vol. 06.
Rosa, M.C. & C. Preethi. (2012). Academic Stress and Emotional Maturity among Higher Secondary School Students of Working and Non-Working Mothers. International Journal of Basicand Advanced Research, Vol.1, no.3, December, 40-43.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Terjemahan oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga
Setianingsih, E. S. (2016). Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 1.
Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Pada Masa Darurat Penyebaran COVID-19
Survei Kemendikbud (2020) Belajar dari Rumah Terhadap Siswa dan Orang Tua https://drive.google.com/file/d/1DrMOuEpxRfhtDz-MTel2pRlypHBRz5Vh/view
Syed, Ambreen & Khan, Mahmood. (2018). Children of Working and Non-working Mothers -Their Stress and Coping Strategies. 13. 150-169
Tri Nathalia Palupi. (2020). Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JP3SDM, Vol. 9. No. 2
Yulianingsih W, Suhanadji S, Nugroho R, dan Mustakim M. (2020) Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indah Fatmawati, Nurhayati Djamas, & Anisa Rahmadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |