Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta
(1) Universitas Esa Unggul, Jakarta
(2) Universitas Esa Unggul, Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dale (2012) Learning Theories an Education Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Demitra, S. (2012) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Handep Untuk Pembelajaran Matematika’, JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 19(1).
Ediyanto, E. et al. (2020) ‘Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(1), pp. 203–209. doi: 10.31004/basicedu.v4i1.325.
Lawrence, A. P, Daniel, C, and Oliver, P. J. (2005) Personality Theory and Research. New Jersey: John Wiley & Sons.
Manurung. S. Alberth (2015) ‘Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil’, EDUSCIENCE, 1(1).
Manurung. S. Alberth (2017) ‘Kontribusi Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta’, School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(3), pp. 273–284.
Nurlaila, N. (2019) ‘PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK PENDIDIKAN TINGGI’, LENTERA PENDIDIKAN, 22(2), pp. 213–222.
Randeska Manullang, M. F. R. (2017) ‘PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF’, JURNAL NIAGAWAN, 6(2).
Randy, J. L. and D. M. B. (2008) Personality Psychology Domain of Knowledge About Nature. New York: McGraw-Hill Companies.
Rizka Dhini Kurnia, E. L. (2014) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa’, Jurnal Sistem Informasi (JSI), 6(1).
Slameto (2010) Belajar & Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono (2010) Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wanelly, W. and Fauzan, A. (2020) ‘Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis’, Jurnal Basicedu, 4(3), pp. 523–533. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.388.
Zerri Rahman Hakim, Taufik,M.Pd, Q. A. (2018) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN’, Pesona Dasar, 6(2), pp. 75–84.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Alberth Supriyanto Manurung, & Abdul Halim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |