Smart Partial Least Square dalam Menentukan Kinerja Guru

virgana piping(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Pada dasarnya mutu pendidikan ditentukan oleh kinerja guru dengan didukung factor lainnya, seperti sarana prasarana, menajemen kepala sekolah, pembiayaan, dan kurikulum. Penelitian ini menggunakan survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung budaya kerja serta kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian menggunakan analisis Smart Partial Least Square pada sampel penelitian sebanyak 100 orang guru sekolah menengah pertama di Jakarta Selatan, sedangkan pengumpulan data diperoleh menggunakan kuesioner yang dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh langsung yang signifikan budaya kerja terhadap kepuasan kerja, pengaruh langsung yang signifikan budaya kerja terhadap kinerja guru, pengaruh langsung yang tidak signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja guru, dan pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan terhadap kinerja guru. Dengan kesimpulan bahwa budaya kerja sangat berpengaruh terhadap kinerja guru, sehingga budaya kerja di lingkungan persekolahan harus dipertahankan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

 

Kata kunci: budaya kerja, kepuasan kerja, kinerja guru, smart partial least square


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astitiani, N. L. P. S., & Sintaasih, D. K. (2019). Peran Mediasi Knowledge Sharing Pada Pengaruh Quality of Work Life Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(1), 1–14.

Ayc?, B. (2019). The Impact of Authentic Leadership Behavior on Job Satisfaction: A Research on Hospitality Enterprises. Procedia Computer Science, 158(2019), 790–801. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.116

Baluyos, G. R., Rivera, H. L., & Baluyos, E. L. (2019). Teachers’ Job Satisfaction and Work Performance. Open Journal of Social Sciences, 07(08), 206–221. https://doi.org/10.4236/jss.2019.78015

Dwivedi, S., Kaushik, S., & Luxmi. (2014). Impact of Organizational Culture on Commitment of Employees: An Empirical Study of BPO Sector in India. Vikalpa, 39(3), 77–92. https://doi.org/10.1177/0256090920140306

Eliterius, S. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Jurnal Pedagogika, 16–21.

Farida, S. I., Iqbal, M., & Kurniasih, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja. JURNAL KEPENDIDIKAN, 46(1), 121–134.

Frinaldi, A., & Embi, M. A. (2014). Ewuh Pakewuh Working Culture among Javanese Ethnic Civil Servants (Study in West Pasaman Regency, West Sumatra Province). Humanus, 13(1), 68–75. https://doi.org/10.15036/arerugi.44.821_2

Indah, Y., Tyas, W., Sutrisno, T. B., Ekonomi, F., Panca, U., & Probolinggo, M. (2016). Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Badan Lingkungan Hidup ( Blh ) Kota. Dinamika Global, 1(1), 258–273.

Kusumaningtyas, A., & Setyawati, E. (2015). Teacher Performance of the State Vocational High School Teachers in Surabaya. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 4(2), 76. https://doi.org/10.11591/ijere.v4i2.4495

Latif, M. S., Mushtaq, A., Muhammad, Q., Ferdoos, A., & Hummayoun, N. (2013). Impact of employee ’ s job satisfaction on organizational performance . European Journal of Business and Management, 5(5), 166–171. https://doi.org/2222-2839

Maamari, B. E., & Saheb, A. (2018). How organizational culture and leadership style affect employees’ performance of genders. International Journal of Organizational Analysis, 26(4), 630–651. https://doi.org/10.1108/IJOA-04-2017-1151

Mahanani, I. W., Lubis, N., & Widiartanto. (2016). Influence of Work Culture And Job Satisfaction On Performance Of Employees With Employee Commitment As A Variable Between. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 1–11.

Mangkunegara Prabu, A. A. A., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan Emosi, Stes Kerja, dan Kinerja Guru SMA. Jurnal Kependidikan, 45(2), 2.

Mustofa, M. (2017). Peningkatan Kinerja Karyawan Perbankan Syariah di Gorontalo ( Studi atas Budaya Organisasi , Kompetensi dan Motivasi ). Al-Ulum, 17(1), 120–142.

Putranti, H. R. D., Megawati, M., & Setyobudi, S. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Motode TULTA Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 191. https://doi.org/10.33603/jibm.v2i2.1556

Rachmayanthy, R. (2016). Influence of organizational structure and job satisfaction on employee performance. Inovasi, 3(1), 1–14.

Republic of Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Tentang Guru dan Dosen. Pemerintah Indonesia, 2005(14), 1–50. Retrieved from http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-14-tahun-2005-ttg-guru-dan-dosen.pdf

Rohman, M. (2016). Problematika Guru Dan Dosen Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 51. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i1.547

Samad, S., Anuar, A. M., & Ahmed, W. A. (2014). The Impact of Organizational Culture on Organizational Performance. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(December 2013), 442–449.

Shahzad, F. (2014). Impact of organizational culture on employees’ job performance: An empirical study of software houses in Pakistan. International Journal of Commerce and Management, 24(3), 219–227. https://doi.org/10.1108/IJCoMA-07-2012-0046

Shrestha, M. (2019). Contribution of school related attributes on job satisfaction: A cross-sectional study on school teachers in Nepal. Malaysian Online Journal of Educational Management, 7(4), 23–44.

Sinuhaji, E. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Jasa Perhotelan (Studi Kasus di Garuda Plaza Hotel Medan). Bisnis Adminitrasi, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31227/osf.io/cjqm9

Suparwoto, Kun, P. Z., Mundilarto, Sukarjo, & Projosantosa, A. . (2011). Evaluasi Kinerja Guru IPA Pascasertifikasi. Evaluasi Kinerja Guru Ipa Pascasertifikasi, 41(1), 54–68. https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.1920

Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316

Tumbelaka, S., Alhabsji, T., & Nimran, U. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan Intention to Leave (Studi Pada Karyawan Pt.Bitung Mina Utama) Steven Set Xaverius Tumbelaka, Taher Alhabsji, Umar Nimran. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 94–108.

Virgana, V. (2018a). Kinerja Guru SMA, Tunjangan Kinerja Daerah, Dan Kepuasan Kerja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/psnkaluni.v1i0.13

Virgana, V. (2018b). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 2(2), 262–273.

Yudhoyono, S. B. Standar Nasional Pendidikan. , Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19, Tahun 2005. tentang standar nasioanl pendidikan. § (2005).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i3.8155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 virgana piping

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.