PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
The purpose of this research is to know: 1) The difference in student learning outcomes using the Picture and Picture learning method; 2) The difference in student learning outcomes using conventional methods 3) Differentiation of student learning outcomes using Picture and Picture with students ' learning outcomes using conventional method. The research method used is research method of Quasi experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. Data analysis techniques are used using the test-t formula. The results show that 1) there are different learners ' learning outcomes that use the Picture and Picture ; 2) There are different learners ' learning outcomes that use conventional methods; 3) There are different learners ' learning outcomes using Picture and Picture with student learning outcomes using conventional methods.
Keywords: learning outcomes, picture and picture method
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture di kelas eksperimen 2)Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Picture and Picture dengan yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Eksperimen Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaahasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Picture and Picture dengan yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol.
Kata kunci : hasil belajar, metode picture and picture
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Shoimin, Aris.(2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik (Online), Jilid, 1 No. 1 (https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/14),
Suwastini Sri Luh., Ni Wayan Arini. dan Gd. Raga. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sukasada. Jurnal PGSD (Online), Jilid 2 No. 1 (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2545),
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i3.7680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 rita patonah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |