PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

rita patonah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

The purpose of this research is to know: 1) The difference in student learning outcomes using the Picture and Picture learning method; 2) The difference in student learning outcomes using conventional methods 3) Differentiation of student learning outcomes using Picture and Picture with students ' learning outcomes using conventional method. The research method used is research method of Quasi experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. Data analysis techniques are used using the test-t formula. The results show that 1) there are different learners ' learning outcomes that use the Picture and Picture ; 2) There are different learners ' learning outcomes that use conventional methods; 3) There are different learners ' learning outcomes using Picture and Picture with student learning outcomes using conventional methods.

 

Keywords: learning outcomes, picture and picture method

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture di kelas eksperimen 2)Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Picture and Picture dengan yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Eksperimen Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaahasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Picture and Picture dengan yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol.

 

Kata   kunci : hasil belajar, metode  picture  and picture


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Shoimin, Aris.(2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik (Online), Jilid, 1 No. 1 (https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/14),

Suwastini Sri Luh., Ni Wayan Arini. dan Gd. Raga. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sukasada. Jurnal PGSD (Online), Jilid 2 No. 1 (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2545),




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i3.7680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 rita patonah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.