PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Total Physical Response (TPR) is an effective method that applied in learning English for kindergarten students. This method involves the students’ activity, which is related activity on their physical and movement. Based on the survey and observation in Darul Kirom Islamic Kindergarten, the team can say that the English learning is not in good achievement. This problem come because the lack competence of teacher that is not an English teacher. Moreover, the learning process is teacher’s oriented. In result, there must an effort to solve this problem, one of the ways is the use of Total Physical Response (TPR)method in teaching English to children.
Because of the importance of the good achievement in learning prosess, the team gives training to the teachers in order to improve their competence in teaching English which can boost the students’ achievement in English skills. This training followed by five teachers and twenty students, the result, this method is effective in teaching and learning English in Islamic Darul Kirom Kindergarten.
Key Words: English, method, active, creative, and learning
Abstrak
Metode Total Physical Response (TPR) adalah metode pembelajaran yang efektif diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris terutama untuk siswa setingkat PAUD/TK. Metode pembelajaran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa, yakni kegiatan langsung yang berhubungan dengan kegiatan fisik (physical) dan gerakan (movement). Berdasarkan survey dan pengamatan yang dilakukan oleh tim bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di TK Islam Darul Kirom belum optimal karena guru yang mengajar bukan berasal dari lulusan sarjana bahasa. Selain itu proses pembelajarannya masih berorientasi pada keaktifan guru sebagai pengajar, dengan demikian harus ada upaya yang harus mengarah kepada pencapaian kompetensi materi pembelajaran yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran TPR (Total Physical Response) dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.
Karena pentingnya pencapaian hasil belajar pada siswa, tim melaksanakan pelatihan penggunaan metode TPR (Total Physical Response) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan memperoleh pencapaian hasil belajar yang optimal bagi siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 5 orang guru TK Islam Darul Kirom dan 20 siswa. hasilnya menunjukkan kompetensi guru dapat memaksimalkan proses pembelajaran di sekolah TK ini, maka pelatihan ini dapat dikatakan berhasil meningkatkan kompetensi guru TK. Hal ini dibuktikan pada pemahaman siswa dalam mempelajari bahasa Inggris dapat meningkat dari sebelumnya. Dengan demikian penggunaan metode Total Physical Response (TPR) dikatakan efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris di TK Islam Darul Kirom.
Kata Kunci: bahasa Inggris, metode, aktif, kreatif, dan pembelajaranFull Text:
PDFReferences
BUKU:
Asher, James J. 2009. Learning Another Language through Actions, Sky Oak Production.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Richards, Jack C., and Rogers, Theodore S. 2010 Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press
INTERNET:
Krashen’s, Stephen, The Natural Approach Stephen Krashen’s Theory of Second Language Acquisition. Diakses dari: http://www.vobs.at/ludescher/ludeschers/Lacquisition/Natural%20Approach/naturalapproach_1.htm
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i1.684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Nina Dwiastuty, Doni Anggoro, Tri Anita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |