PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PJJ PADA MASA PANDEMI COVID 19

PRIARTI MEGAWANTI(1*), erna megawati(2), siti Nurkhafifah(3)

(1) 
(2) UNIVERSITY OF INDRAPRASTA PGRI
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap PJJ pada masa pandemic covid 19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang mencoba untuk mengkaji persepsi peserta didik terhadap PJJ. Instrumen penelitian ini berupa angket yang disebar dengan bantuan google form pada bulan April 2020 berhasil mengumpulkan 155 respon atau jawaban peserta didik dari lokasi yang berbeda-beda (Jakarta, Depok, Wanasari). Hasil penelitian menunjukkan hampir semua responden yang terdiri dari peserta didik dari jenjang SD sampai SMA sepakat bahwa mereka tidak senang dengan ketetapan perpanjangan masa belajar dari rumah atau School from Home

Full Text:

PDF

References


Suwarto dan Hulman Fajri. (2018). Persepsi Orang Tua terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak di Rumah. Jurnal SAP Vol. 3 No. 1 Agustus 2018. p-ISSN: 2527-967X

e-ISSN: 2549-2845.

Harisah, Afifah dan Zulfitria Masiming. (2008) Persepsi Manusia terhadap Tanda, Simbol dan Spasial. Jurnal SMARTek, Vol. 6, No. 1, Februari 2008: 29 – 43.

Puspitasari, Kristanti Ambar dan Samsul Islam. (2018). Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa dan Calon Potensial Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Universitas Terbuka. http://simpen.lppm.ut.ac.id/ptjj/PTJJ%20Vol%204.1%20maret%202003/41kristanti.htm.

Zhafira, Nabila Hilmy, Yenny Ertika, dan Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN: 2614-2147. Halaman: 37 – 45.

Tarmiji, Muhammad Nasir Basyah, Muhammad Yunus. Persepsi Siswa terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah Volume 1, Nomor 1: 41-48 Agustus 2016.

A.N, Sobron, Bayu, Rani, dan Meidawati S. (2019).

Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 1, No. 2, Desember 2019. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Halaman:




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRIARTI MEGAWANTI, erna megawati, siti Nurkhafifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.