DESAIN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MICRO TEACHING: ANALISIS KEBUTUHAN
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris -Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris -Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Pembinaan Keterampilan Mengajar (Micro Teaching) yang sesuai dengan substansi dan konsep CPL mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini penting dikarenakan perlunya bahan ajar yang akan digunakan untuk mengampu mata kuliah Pembinaan Keterampilan Mengajar (Micro Teaching) yang Capaian Pembelajaran Lulusannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI. Output dari penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan artikel ilmiah yang dapat menjadi sumber bacaan bagi semua pihak.
Full Text:
PDFReferences
Al-Issa, A. (2019). Beyond Textbook Instruction: Stories from ELT Teachers in Oman. Changing English: Studies in Culture and Education, 26(3), 263–281. https://doi.org/10.1080/1358684X.2019.1591270
Arsal, Z. (2014). Microteaching and pre-service teachers’ sense of self-efficacy in teaching. European Journal of Teacher Education, 37(4), 453–464. https://doi.org/10.1080/02619768.2014.912627
Dick, W, Lou, C, Carey, O. . (2005). The Systematic Design of Instruction. Educational Technology Research and Development (6th ed., Vol. 54). Boston: Pearson.
Dick, Walter, L. C. and J. O. C. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). United States: Pearson.
Gall, Meredith D. , Borg, Joyce P., W. R. (2003). No TitleEducational Research: An Introduction.
Indah Suryani, D. W. I. (2018). Pengembangan Buku Suplemen Bahasa Indonesia Materi Teks Fabel Berbasis Benchmarkinguntuk Kelas Vii Smpn 13 Surabaya. Bapala, 5(2).
Ismulyaty, D. S., Si, M., Si, M., Hadiwidjaja, R. D., Si, M., Penelitian, L., … Masyaraka, P. (2012). LAPORAN PENELITIAN BAHAN AJAR Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Matakuliah Laboratorium Auditing (EKSI4414).
Karlström, M., & Hamza, K. (2019). Preservice Science Teachers’ Opportunities for Learning Through Reflection When Planning a Microteaching Unit. Journal of Science Teacher Education, 30(1), 44–62. https://doi.org/10.1080/1046560X.2018.1531345
Lestari, T., & Ghozali, I. (2017). Enhancing Multimedia Students’ Involvement Through Project-Based Learning Model. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 181–186. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1617
Rahayu, S. and I. G. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Micro Teaching Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik, 3(2), 232–238.
Rashidi, N., & Meihami, H. (2016). Hidden curriculum: An analysis of cultural content of the ELT textbooks in inner, outer, and expanding circle countries. Cogent Education, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1212455
Tomlinson, Brian; Masuhara, H. (2018). The Complete Guide to the Theory and Practice of Materials Development for Language Learning. United States: Wiley Blackwell.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Risa Mufliharsi, Muhammad Sulhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |