PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHAN SOSIAL
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar. Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian ini sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak di SMA Negeri 3 Tambun selatan Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga kesiapan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R)2 adalah lingkungan belajar dan kesiapan belajar mempunyai hubungan yangkuat terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arfandi A, dan Sampebua O. 2016. “ Kesiapan Pelaksanaan Praktik Kerja
Industri Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassar”.
dalam Cakrawala Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan XXXV (1) hlm 84.
Arif, Gunarso. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Amatembun, NA. 2007. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung: FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek., Jakarta : Rhineka Cipta.
Bloom dalam Herbert J.Klausmeier.1971. Educational Pshyhology. New York: Harper and Row.
Briggs, Lesle J. 1979. Introductional Design, Principles and Aplication
Englewood Cliffs. New Jersey: Printice Hall, ins.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002.Strategi Belajar Mengajar ( Edisi Revisi ).Jakarta:
PT.Rineka Cipta.
Gronlund, Noman E .1997. Constructing Achievement Test. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc.
Hamalik, Oemar. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.Yogyakarta: FIP-UNY.
Krissandi, A D S, dan Rusmawan. 2015. “Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013”. dalam Cakrawala Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan XXXIV (3) hlm 463.
Mulyasa E.2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, M.N. 1995.Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, M. Ngalim.2007. Psikologi Pendidikan. Bndung: Rosdakarya.
Rasyan. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sumantri, Mulyani, & Permana, Johar.1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rapi, N Ketut. 2016.“Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Penilaian Formatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN”. dalam Cakrawala Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan XXXV (1) hlm 70.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman A. M.2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman. Arif.S . 2001.Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Sudirman N.1992.Ilmu Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana Nana.2001.Media Pembelajaran. Bandung:Sinar Baru Algasindo.
SumadiSuryabrata.2000.Pengembangan Alat Ukur Psikologi.Yogyakarta: Andi Ofset.
Usman, M.U. 2009.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wuryandani W, Fathurrohman, dan Ambarwati U. 2016.“Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School”. dalam Cakrawala Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan XXXV (2) hlm 213.
Winkel, W.S, 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i3.5266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 drnurdin drnurdin, Munzir Munzir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |