PENGEMBANGAN TRAINNER TRAFFIC LIGHT MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PADA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERISTAS PGRI MADIUN

irna tri yuniahastuti(1*), Yussi Anggraini(2)

(1) UNIVERSITAS PGRI MADIUN
(2) UNIVERSITAS PGRI MADIUN
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi serta meningkatnya kebutuhan setiap manusia menjadi hal yang paling ramai diperbincangkan salah satunya di bidang transportasi. Kendaraan yang melintas di jalan raya diatur oleh traffic light di setiap perempatan/ pertigaan agar tidak terjadi kecelakaan dan menghindari penumpukan kendaraan. Oleh sebab itu, penelitian ini mengangkat topik pengembangan traffic light menggunakan Arduino Uno pada Mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer traffic light menggunakan Arduino Uno sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Algoritma Pemrograman.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap 7 yaitu revisi prodik dan hasil akhir berupa analisis pelaporan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Elektro UNIPMA (Universitas PGRI Madiun) berjumlah 12 orang, objek penelitian ini adalah media traffic light menggunakan Arduino Uno. Lokasi penelitian dilaksanakan di Laboratorium Komputer kampus UNIPMA. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket tertutup yang berisi 4 pilihanĀ  jawaban untuk validator/ ahli dan mahasiswa. Media ini divalidasi oleh 2 orang ahli di Bidang media dan di bidang Elektronika.

Berdasarkan unjuk kerja dari trainer, didapatkan hasil bahwa alat berfungsi dan bekerja dengan baik. Hasil kelayakan media sebesar 85,8% ditinjau dari 3 aspek dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian berdasarkan angket mendapatkan 77,6% dengan kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Rofiq Bustoni, "Rerancangan dan Simulasi Traffic Light pada Perempatan dengan Sistem Mikrokontroller AT89S51 yang Memanfaatkan Koneksi Jaringan Wireless," Skripsi Universitas Sebelas Maret, 2010.

Adi Purwanto and Moh Kahirudin, "Pengembangan Trainer Arduino Uno untuk Standar Kompetensi Memprogram Sistem Pengendali Elektronik," Prodi Pendidikan Teknik Elekto UNY, vol. 06, No.04, pp. 52-58, Nopember 2016.

Abdul Kadir, Simulasi Arduino. Jakarta, Indonesia: Elec Media Komputindo, 2016.

Abdul Kadir, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya menggunakan Arduino. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Muhammad Syahwill, Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Muhammad Haekal Windarto, "Aplikasi Pengatur Lalu Lintas berbasis Arduino Uno Mega 2560 menggunakan Light Dependent Resistor (LDR) dan Laser," in Universitas Budi Luhur, Jakarta, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Anas Afandi, "Pengembangan Media Trainer Arduino Uno pada Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor di SMKN 2 SUrabaya," Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 05, No. 3, pp. 747-752, 2016.

Aldi Wahyu Firmansyah, "Pengembangan Trainer Mikrokontroller berbasis Arduino Uno sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor di Kelas X TEI SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan," Jurnal Pendidikan Teknik Elektro UNESA, vol. 06 No.02, pp. 155-160, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i3.4364

Refbacks



Copyright (c) 2019 irna tri yuniahastuti, Yussi Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.