Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Muhamad Rusdi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri Jakarta Utara.Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi.Sampel berjumlah 75 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa pada SMP Negeri di Jakarta Utara.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh motivasi dan disiplin secara bersama sama terhadap prestasi belajar.Temuan penelitian menyatakan bahwa prestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan Motivasi dan disiplin belajar.

 

Kata Kunci: Motivasi, Disiplin Belajar, dan Prestasi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angkowo R. et all. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Arikunto. S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

__________ (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : Rineka Cipta.

________, (2012). Dasar dasar Evaluasi Pendidkan, Jakarta: Bumi aksara.

Hasibuan, M.S.P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Handoko. T. H. (2002). Manajemen. Yogyakarta : BPFE-UGM.

Mangkunegara, A. A. & Anwar P. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

Nawawi, H. (2000). Administrasi Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.

Purwanto, M.N. (2010). Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

_______________ (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

______________. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______________ (1997). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Robert L. dkk. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia 1. Jakarta : Salemba Empat.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Penerbit Sekolah Tinggi IlmuEkonomi.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

_______. (1992). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sondang, P. S. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

______________ (2000). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Winardi, J. (2008). Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo.

Winkel, WS. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Wursanto. (1997). Etika Komunikasi Kantor. Yogyakarta : Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.4277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhamad Rusdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.