PERSEPKTIF BARU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DI ERA MILENIAL

Mulyati Mulyati(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Abstrak: Tulisan ini bertujuan menjelaskan secara mendalam tentang persepktif baru tentang kepemimpinana kepala sekolah menuju sekolah unggulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam tentang persepktif baru kepemimpinan kepala sekolah menuju sekolah unggulan di era milenial. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mendapatkan penjelasan yang mendalam tentang perspektif baru kepemimpinan kepala sekolah terhadap sekolah unggulan di era milenium. Berdasarkan hasil analisis mendalam secara teoretis ditemukan bahwa perspektif baru kepemimpinan kepala sekolah di era milenium harus melibatkan semua pihak, tidak hanya yang terdapat di dalam sekolah melainkan pihak yang terdapat di luar sekolah. Semua perencanaan dan organisasi sekolah, pengambilan keputusan, dan pengambilan kebijakan dibahas secara demokratis dengan semua staf dan kepala sekolah. Alat-alat pendidikan yang mendasari telah memadai dalam mendukung dan meningkatkan kualitas hasil. Partisipasi orang masih dalam mencari anggaran dan digunakan untuk kegiatan operasional pendidikan. Berdasarkan diskusi di atas, dapat disimpulkan bahwa memiliki kepemimpinan kepala sekolah yang kuat dapat mengantarkan sekolah menjadi sekolah ungguklan di masa depan, terutama di era milenium ini. Manfaat lain menjadi sekolah unggulan adalah membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu pendidikan yang berkualitas.

 

Kata kunci: Perspektif baru, kepemimpinan, sekolah Unggulan, era milenium

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buhler, Patricia. (2004). Management Skills. Jakarta : Prenada Media.

Dharma, Agus. (2004). Manajemen Supervisi. Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen Dirjen Pendidikan

Umum. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Manajemen Mutu peningkatan

Berbasis Sekolah: Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta,

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indone

http://clearinghouse.dikmenum.go.id/content.php?cid=1&sid=13&id=235

https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/05/18/115906-prof-arief-rachman-ada-sepuluh-ciri-sekolah-unggul

http://clearinghouse.dikmenum.go.id/content.php?cid=1&sid=13&id=235

http://www.antikorupsi.org/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=3764

http://www.depdiknas.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=60&Itemid=119

http://smp.alkausar.org/detail-artikel.php?id=124

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2005/01/31/brk,20050131-22,id.html

George R. Terry, 1997. Prinsip-prinsip Manahjemen. Jakarta: Bumi Karsa.

Marzano, Robert. J. (2005). School Leadership that Works: From Research to Results, the United St

.

Miles Matthew B. dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992.

Moleong, L.J. 1992. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ketujuh. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musselman, et al. (1984). Introduction to Modren bussines. New Jersey: Prentice- Hall., Inc.

Nawawi & Hadari (2012). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nasution, Wahyuddin Nur, (2011). http://repository.uinsu.ac.id/view/creators/Nasution=3AWahyuddin_Nur=3A=3A.html.

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Neuman, W. Lawrence (2006). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Research. USA: University of Wisconsin.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakart: Grasindo.

OECD. (2009). Leading to Learn: School Leadership and Management Styles. Creating Effective Teaching and Learning Environments: TALIS-ISBN 978-92-64- 0560-3 Oracle, (2012), Seven Steps for Effective Leadership Development, Oracle Corporation, USA

Oyegoke, S.A. (2012). Principals’Leadership Style as a Catalyst to Effectiveness of Secondary School Education in Ondo State, Nigeria, Journals Savap.pk, Vol. 3, No . 3.

Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: LKis Printing Cemerlang

Robins, Stephen P. (2002). Esensial of Organization Behavior. Terjemahan

Halida dan dewi Sartika. Jakarta: Erlangga.

Stephen, Robbins P. Prilaku Organisasi. New Jersey: Pearson Education, Inc, 2003.

Stoner, James A. F. et al. (1989). Management. USA: Prentice-Hall International, Inc,.

Terry, George R. (1997). Principles Management. Illinois: Richard D. Irwin. Inc. Hoewood.

Weinrich, Heinz and Harold Koontz. (1998). Management. Singapor: McGraw-Hill International Distrbutors.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.4256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mulyati Mulyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.