EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM BERTEMA PENDIDIKAN DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA AL MUSLIM TAMBUN BEKASI

Ika Maharani(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film bertema pendidikan dalam layanan informasi bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Al Muslim Tambun Bekasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Al Muslim Tambun Bekasi dengan jumlah 152 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen (29 siswa) dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol (29 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket tertutup) dalam bentuk skala penilaian dengan jumlah item 30. Setelah dilakukan uji coba semua item yang berjumlah 30 dinyatakan valid. Uji validitas instrument dilakukan dengan menggunakan rumus teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil uji validitas diperoleh r tabel sebesar 0,207 dan hasil uji reliabilitas diperoleh sebesar 0,907 yang berarti instrumen memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji t pre-test dan post-test kelompok eksperimen diketahui nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t = 22,075 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media film bertema pendidikan dalam layanan bimbingan klasikal terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dengan setelah diberikan perlakuan (post-test).


Full Text:

PDF

References


Bahri Djamarah, Syaiful & Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Elaine B. Johnson. 2014. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Elliot, G. 2006. Film and Education. New York. Chapter II. Philosophical Library.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critcal Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chaniago: University of Illinois.

Gonzalez, Ines. 2014. Using Film Develop The Critical Thinking Competence of The Students at The Open University of Catalonia: Testing An Audiovisual Case Methodology In A Distance E-Learning Environment. Business and Economics Department, Open University of Catalonia, Av. Tibidabo 39-43, Barcelona, Spain.

Harjanto. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Hossoubah, Z. 2007. Develoving Creative and Critical Thinking Skills. (terjemahan). Bandung: Yayasan Nuansa Cendia.

Hurlock, E.B 2002. Psikologi perkembangan, 5th ed., Erlanga: Jakarta.

Husmiati, Ratu. 2010. Kelebihan dan Kelemahan Media Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Volume 7, Nomor 2, Juli – Desember 2010.

Jensen, Eric. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak (Cetakan I). Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2011. Jakarta: PT. Indeks.

Joseph, Dolfi. 2011. Pusat apresiasi film di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Kuriansky, J., Ortman, J., DelBuono, J., Vallarelli, A. 2010. Cinematherapy: Using movie metaphors to explore real relationship in counseling and coaching. Paper presented at Springer Science+Business Media, LCC.

Mulyana, Yuliyani. 2015. Penggunaan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Munadi, Y. 2008. Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gunung Persada Perss.

Myers, A., & Hansen, C.H. 2002. Experimental psychology, 5th ed., USA: Wadsworth.

Nugraheni, W. U. 2004. Efektivitas Cuplikan Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Bagi Siswa SMP. Jurnal Universitas Negeri Malang. JPPI. Jilid 6, Nomor 9, Edisi Oktober 2014, hlm. 901-1020.

Price, Kelli A. 2010. Critical Thinking Outcomes: A Case Study On The Instructional Use of Mainstream Film In High School United States History Classroms. University of Houston-Clear Lake. ProQuest Dissertations Publishing.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama, 2008.

Santrock, J. W. 2001. Live-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. 2011. Psikologi eksperimen. Jakarta: PT. Indeks.

Slavin, R, E. 2000. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Indeks.

Steinberg L.D. 2002. Adolescence, 6th ed., USA: The Mc. Graw-Hill Companies Inc.

Steinberg, L. & Lerner, R.M., 2004. Adolescent psychology, 2nd ed., USA: John Wiley & Sons.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tanriverdi, Belgin. 2013. The Effect On Film Analysis On The Critical Thinking Disposition Skills Of Pre-Service Teachers. Research On Education And Media. Volume 1, Number 1, June 2013. Turkey: Kocaeli University.

Trianton, T. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Widiani, Lusiana Surya. 2016. Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pelajaran Sejarah. Volume 5, Nomor 1, April 2016.

Wolz, B. 2003. Cinematherapy: Using the power of imagery in films for therapeutic process. USA: The Therapist.

Yusuf, Syamsu. 2004. Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ika Maharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.