Sarana Perpustakaan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas X Sma

Nurdin Nurdin(1*), Munzir Munzir(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana perpustakaan dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak di SMA Negeri 1 Tambun selatan Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan sarana perpustakaan  memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga disiplin belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R)2 adalah  sarana perpustakaan dan disiplin belajar mempunyai hubungan yang lemah terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Kata Kunci :  Sarana,  Disiplin, Prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arif, Gunarso. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta :Rhineka Cipta.

Bloom dalam Herbert J.Klausmeier.1971. Educational Pshyhology. New York: Harper and Row.

Briggs, Leslie J.1979. Instructional Design Principles and Aplication. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani.2002. Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT.Grasindo.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gronlund, Noman E.1997. Constructing Achievement Test. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hamalik, Oemar.2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ibrahim, Babadal.2008. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Moekijat. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: BPFE.

Miarso, Yusuf Hadi dan Degeng, I Nyoman Sudana. 2004. Terapan Teori Kognitif dalam desain Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nitisemito, Alex. 2008. Marketing. BPFE-UGM. Yogyakarta.

Purwanto, M. Ngalim.2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sadiman, Arief S.2001. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Soejito, Imam. 2004. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: BP-Undip.

Sudjana, Nana. 2004. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran . Jakarta: FEUI.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:

Rineka Cipta.

Sudjana, S.H.D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung:

Falah Production.

Thomburg, Hershel D. 1984.Introduction to Educational Psychology. St Paul:

West Publishing Company.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Wuryandani, W., Fathurrohman., & Unik, A. 2016. “Implementasi Pendidikan

Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School”,dalam Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan xxxv (2) hlm 212.

Winkel, W.S. 1996.Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurdin Nurdin, Munzir Munzir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.