GROUP COUNSELING TO IMPROVE SOCIAL ADJUSTMENT
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah implementasi konseling kelompok dapat meningkatkan penyesuaian sosial mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa pria dan wanita Universitas Indraprasta PGRI. Subjek dipilih melalui purposive sampling. Digunakan kuesioner penyesuaian sosial. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah konseling kelompok yang efektif untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa. Secara umum, praktisi konseling dapat menggunakan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian sosial.
Kata kunci: konseling kelompok, penyesuaian sosial
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Azizah, A., & Hidayati, F. (2015). Penyesuaian sosial dan school well-being: studi pada siswa pondok pesantren yang bersekolah di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Empati, 4(4), 84–89.
Bano, A., & Naseer, N. (2014). Social adjustment and acedemic achievement of primary graders. Pakistan Journal of Social Science, 34(1), 217–227.
Barimbing, S.K., & La Kahija, Y.F. (2015). Pengalaman penyesuaian sosial mahasiswa etnis papua di kota semarang. Empati, 4(April), 104–113.
Crespi, T.D. (2009). Group counseling in the schools: legal, ethical, and treatment issues in school practice. Psychology in the Schools, 46(3), 273–280.
Dastbaaz, A., Yeganehfarzand, S.H., Azkhosh, M., & Shoaee, F. (2014). The Effect of Group Counseling " Narrative Therapy " to reduce Depression and Loneliness among older women. Iranian Rehabilitation Journal, 12(20), 11–15.
Ferrance, E. (2000). Action research. Providence, RI: Laboratory At Brown University.
Folastri, S., & Rangka, I.B. (2016). Prosedur layanan bimbingan & konseling kelompok. Bandung: Mujahid Press.
Gibson, R.L., & Mitchell, M.H. (2011). Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gladding, S.T. (2012). Konseling profesi yang menyeluruh. Jakarta: PT. Indeks.
Lee, E.J. (2018). Social Achievement Goals and Social Adjustment in Adolescence : A Multiple-Goal Perspective. Japanese Psychological Research, 60(3), 121–133.
Li, X., & Grineva, M. (2016). Academic and Social Adjustment of High School Refugee Youth in Newfoundland. TESL Canada Journal, 34(11), 51–71.
McIntosh, P. (2010). Action research and reflective practice. Great Britain: Routledge.
Mohammadipour, M., & Rahmati, F. (2016). The predictive Role of Social Adjustment , Academic Procrastination and Academic Hope in the High School Students ’ Academic Burnout. Interdisciplinary Journal of Education, 1(1), 35–45.
Rajab, A., Wahab, S.R.A., Shaari, R., Panatik, S.A., & Nor, F.M. (2014). Academic and Social Adjustment of International Undergraduates : A Quantitative Approach. Journal of Economics, Business and Management, 2(4), 247–250.
Smojver-Azic, S., Zivcic-Becirevic, I., & Jakovcic, I. (2010). The contribution of personality traits and academic and social adjustment to life satisfaction and depression in college freshmen. Horizons of Psychology, 19(3), 5–18.
Topuz, C., & Arasan, Z. (2014). Self-Awareness Group Counseling Model for Prospective Counselors. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 638–642.
Wardani, R., & Apollo. (2010). Hubungan antara kompetensi sosial dengan penyesuaian sosial pada remaja. Widya Warta, XXXIV(01), 92–103.
Yengimolki, S., Kalantarkousheh, S.M., & Malekitabar, A. (2015). Self-Concept , Social Adjustment and Academic Achievement of Persian Students. International Review of Social Sciences and Humanities, 8(2), 50–60.
Yudayanti, N.L.S., Antari, N.N.M., & Dantes, N. (2014). Penerapan konseling kelompok dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi interpersonal siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Singaraja. Ejournal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i1.3557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 sabrina dachmiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |