MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM POSING
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Peneliti mencoba memecahkan masalah hasil belajar matematika dengan menerapkan metode problem posing di kelas IX3 SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX3 yang berjumlah 41 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil observasi dan tes dari Siklus I, II, dan III terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata dan tingkat ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65,12 dengan ketuntasan 39,02%, siklus II nilai rata-rata 71,95 dengan ketuntasan 65,85% dan Siklus III meningkat menjadi 79,15 dengan ketuntasan 100,00%. Simpulan penelitian ini adalah dengan diterapkannya metode problem posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi kesebangunan di kelas IX3 SMP Negeri 10 Tambun Selatan.
Kata kunci: Problem posing, hasil belajar, matematika
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Sutiarso. (1996). Pembelajaran Melalui Pendekatan Problem Possing. Malang: IKIP Malang Press.
As’ari. A. (2000). Problem Posing Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA, Jurnal Pelangi Pendidikan Matematika dan Sains. Yogyakarta: Tahun V.
Suryanto. (1998). Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang Press.
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bloom, Benjamin S., et. al. (1956). Taxonomi of Education Objective: The Classification of Educational Goals. Hand Book I: Cognitife Domain. New York: Longman Inc.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. (1995). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rakepress.
Ridwan, Sa’adah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Sendiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i1.3542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 sanusi sanusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |