Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abtrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran NHT (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran NHT. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA pada SD Negeri 6 Palangka tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Siklus I skor rata-rata adalah 2,60 dengan presentase 65,17% dengan kriteria cukup baik, sedangkan pada siklus II skor rata-rata adalah 3,5 dengan presentase 87,5% hal ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivias siswa, (2) Ada peningkatan hasil belajar PKn setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Pada tes awal presentase ketuntasan klasikal siswa hanya mencapai 38,24% dengan kategori sangat kurang tercapai, siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 68% dengan kategori tercapai, siklus II ketuntasan klasikal meningkat hingga mencapai 100% dengan kategori sangat tercapai.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Numbered Head TogetherReferences
DAFTAR PUSTAKA
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Huda, Mifahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Stuktur Dan Model Penerapan. Yogayakarta : Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.
Wardani, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 norliana norliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |