MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA CD (COMPACT DISC) PEMBELAJARAN INTERAKTIF

nyalung nyalung(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abtrak

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: 1)Menjelaskan Teknik Atau Cara Menggunakan Media CD (Compact Disc) Interaktif  Di Kelas IV SDN-12 Palangka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SDN-12 Palangka, 2)Membuktikan Bahwa Media CD (Compact Disc) Interaktif Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SDN-12 Palangka.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek  tindakan  pada penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas IV (Empat) SDN-12 Palangka sebanyak 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil Penelitian ini adalah: 1) Cara Menggunakan Media CD (Compact Disc) Interaktif  dengan cara: a) Menyusun; b)Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP. c) Menyusun Lembar Kerja Siswa (LKS). 2)Media CD (Compact Disc) Interaktif Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SDN-12 Palangka. Nilai Rata-rata Kelas pada Mata Pelajaran Matematika yaitu jika dibandingkan hasil LKS pada Siklus 1 jumlah nilai 1320 dengan nilai rata-rata 69,47 dan  Siklus 2 jumlah nilai sebesar 1630 dengan rata-rata kelas adalah 85,79. Terbukti bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 16,32 Poin.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media CD (Compact Disc) Pembelajaran Interaktif


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Jennah, Rodhatul. (2009) Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Kemmis dan Mc Taggart. (2005). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV. Alfabeta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siregar, Eveline dan Nara, Hartani. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 nyalung nyalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.