Pelatihan Penggunaan Media Elektronik Hot Potatoes Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega

myta widyastuti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Pemberian otonomi yang luas kepada sekolah dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran beserta sistem evaluasinya merupakan kepedulian pemerintah terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan. Keberhasilan institusi pendidikan dalam menjalankan program yang telah direncanakan perlu didukung dengan sebuah kepemimpinan Kepala Sekolah, mengingat kepemimpinan merupakan motor penggerak bagi sumber daya yang dimiliki lembaga.

 

Penelitian ini menggunakan 2(dua) teknik, yaitu: observasi dan wawancara khususnya terhadap Kepala Sekolah dan Guru. Hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan manajemen mutu dimulai dengan perencanaan yang memberikan tujuan dan arah suatu program. Proses perencanaan manajemen mutu dengan mengidentifikasi seluruh sistem yang ada, peluang dan tantangan dan hal-hal yang berhubungan dengan proses penerapan manajemen mutu pendidikan dengan memanfaatkan seluruh sumberdaya sekolah (Kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat); 2) Penerapan manajemen mutu telah dilakukan dengan proses strukturisasi pengorganisasian yaitu departementalisasi dan pembagian kerja. Dalam pelaksanaannya telah melakukan pengarahan dengan prinsip: a) Prinsip mengarah kepada tujuan, b) Prinsip keharmonisan dengan tujuan, c) Prinsip kesatuan komando; 3) Peran Kepala Sekolah dalam peningkatan manajemen mutu, mengarahkan guru, mendidik siswa dalam penanaman sifat-sifat tanggung jawab, terbuka, dan etika, mendidik Pengembangan kreativitas siswa; 4) Upaya Kepala sekolah dalam menghadapi hambatan dalam menerapkan manajemen Mutu melakukan koordinasi dan kerja sama dengan guru sekolah, orangtua, dan pihak terkait; melakukan transparansi manajemen dan menerapkan PAIKEM sekolah.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Mutu Pendidikan

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

http://su28he12rm19an90.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-media-dan-media-pembelajaran.html?m=1

http://hotpot.uvic.ca/index.php#downloads




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 myta widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.