Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan

LPPM UNINDRA

UNINDRA

Open Journal Systems




Abstracting and Indexing - Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Bantuan Jurnal
Pengguna
Notifikasi
  • Lihat
  • Langganan
Isi Jurnal

Telusuri
  • Berdasarkan Terbitan
  • Berdasarkan Penulis
  • Berdasarkan Judul
  • Jurnal Lain
Ukuran Huruf

Informasi
  • Untuk Pembaca
  • Untuk Penulis
  • Untuk Pustakawan
  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Login
  • Daftar
  • Cari
  • Terkini
  • Arsip
Beranda > Vol 5, No 3 (2018) > Hendrawaty

Pengembangan Materi Ajar Berbasis Kompetensi Untuk Mata Kuliah Writing 1

Nurmala Hendrawaty
Rina Husnaini Febriyanti
Hanna Sundari

Sari


Abstrak: Pengembangan materi ajar berbasis kompetensi untuk mata kuliah Writing 1 bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebutuhan dosen dan mahasiswa dengan cara menambahkan, mengurangi, menghilangkan, dan memodifikasi materi bahan ajar agar tercapainya kesesuaian antara indikator dengan kompetensi mahasiswa dalam materi ajar (modul) “Writing 1 from Sentence to Paragraph.” Perbaikan dan pengembangan modul di mulai dari keterampilan mikro dalam menulis, orientasi, pendekatan, materi, teknik pengajaran, bentuk latihan dan penilaian. Salah satu bentuk dari perbaikan dan pengembangan modul selanjutnya yaitu dengan adanya penjelasan materi yang lebih spesifik dan mudah dipahami oleh mahasiswa serta pemberian contoh dan latihan soal yang harus diperbanyak dan bervariasi. Instrumen penelitian ini berasal kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan dosen pengampu mata kuliah Writing 1 di Universitas Indraprasta PGRI dengan analisis data penelitian yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengembangan materi ajar berbasis kompetensi, teknik yang paling banyak digunakan yaitu pemodifikasian (judul materi ajar/modul, kompetensi dasar di setiap bab, penjelasan materi, dan petunjuk pengerjaan) dan penambahan jumlah latihan soal.

 

Kata Kunci: Pengembangan Materi Ajar, Kompetensi Mahasiswa, Menulis

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badger , R., & White, G. 2000. A Process

Genre Approach to Teaching Writing.

ELT Journal, 153-160.

Erman, S. Ar. 2008. Model Belajar dan

Pembelajaran Berorientasi Kompetensi

Siswa. Educare: Jurnal Pendidikan dan

Budaya, Vol. 5, No. 2. Bandung:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Langlangbuana.

Jupply, D. 2011. Pelatihan Bahasa Inggris

Berbasis Genre. PPM Pelatihan

English for Academic Purposes bagi

Tenaga Kesehatan. Sleman, Yogyakarta:

unpublished.

Knapp, P., & Watkins, M. 2005. Genre, Text,

Grammar: Technologies for Teaching &

Assessing Writing. Sidney: University of

New South Wales Press Ltd.

Mckay, Sandra. 1994. Developing ESL

Writing Materials.Vol. 22, pp. 195-203.

USA: San Fransisco State University.

Nkwetisama, Carlous Muluh. 2012. The

Competency Based Approach to English

Language Education and the Walls

between the Classroom and the Society

in Cameroon: Pulling Down the Walls.

Theory and Practice in Language Studies,

Vol 2, No. 3, pp. 516-523. Finland.

Nordin, S. M., & Mohammad, N. b. 2006. The

best of Two Approaches: Process/Genre-

Based Approach to Teaching Writing.

The English Teacher, Vol. XXXV

pp. 75-85.

Oshima, A., & Hogue, A. 2006. Writing

Academic English, Fourth Edition. New

York: Pearson Education, Inc.

Patel, M., & Jain, P. M. 2008. English

Language Teaching (Methods, Tools &

Technique).

Jaipur: Sunrise Publisher & Distributors.

Richards, J. C. 2001. Curriculum Development

in Language Teaching. Cape Town:

Cambridge University Press.

Spratt, M., Pulverness, A., & Williams, M.

The Teaching Knowledge Test

Course: Modules 1, 2 and 3.

Singapore: Cambridge University Press.

Ur, P. 2009. A Course in Language Teaching:

Practice and Theory. Cambridge:

Cambridge University Press.


Article metrics

Abstract views : 28 | Full Text views : 125

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View Faktor Stats

Copyright@2015 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI