Pengembangan Materi Ajar Berbasis Kompetensi Untuk Mata Kuliah Writing 1
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Pengembangan materi ajar berbasis kompetensi untuk mata kuliah Writing 1 bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebutuhan dosen dan mahasiswa dengan cara menambahkan, mengurangi, menghilangkan, dan memodifikasi materi bahan ajar agar tercapainya kesesuaian antara indikator dengan kompetensi mahasiswa dalam materi ajar (modul) “Writing 1 from Sentence to Paragraph.” Perbaikan dan pengembangan modul di mulai dari keterampilan mikro dalam menulis, orientasi, pendekatan, materi, teknik pengajaran, bentuk latihan dan penilaian. Salah satu bentuk dari perbaikan dan pengembangan modul selanjutnya yaitu dengan adanya penjelasan materi yang lebih spesifik dan mudah dipahami oleh mahasiswa serta pemberian contoh dan latihan soal yang harus diperbanyak dan bervariasi. Instrumen penelitian ini berasal kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan dosen pengampu mata kuliah Writing 1 di Universitas Indraprasta PGRI dengan analisis data penelitian yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengembangan materi ajar berbasis kompetensi, teknik yang paling banyak digunakan yaitu pemodifikasian (judul materi ajar/modul, kompetensi dasar di setiap bab, penjelasan materi, dan petunjuk pengerjaan) dan penambahan jumlah latihan soal.
Kata Kunci: Pengembangan Materi Ajar, Kompetensi Mahasiswa, Menulis
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Badger , R., & White, G. 2000. A Process
Genre Approach to Teaching Writing.
ELT Journal, 153-160.
Erman, S. Ar. 2008. Model Belajar dan
Pembelajaran Berorientasi Kompetensi
Siswa. Educare: Jurnal Pendidikan dan
Budaya, Vol. 5, No. 2. Bandung:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Langlangbuana.
Jupply, D. 2011. Pelatihan Bahasa Inggris
Berbasis Genre. PPM Pelatihan
English for Academic Purposes bagi
Tenaga Kesehatan. Sleman, Yogyakarta:
unpublished.
Knapp, P., & Watkins, M. 2005. Genre, Text,
Grammar: Technologies for Teaching &
Assessing Writing. Sidney: University of
New South Wales Press Ltd.
Mckay, Sandra. 1994. Developing ESL
Writing Materials.Vol. 22, pp. 195-203.
USA: San Fransisco State University.
Nkwetisama, Carlous Muluh. 2012. The
Competency Based Approach to English
Language Education and the Walls
between the Classroom and the Society
in Cameroon: Pulling Down the Walls.
Theory and Practice in Language Studies,
Vol 2, No. 3, pp. 516-523. Finland.
Nordin, S. M., & Mohammad, N. b. 2006. The
best of Two Approaches: Process/Genre-
Based Approach to Teaching Writing.
The English Teacher, Vol. XXXV
pp. 75-85.
Oshima, A., & Hogue, A. 2006. Writing
Academic English, Fourth Edition. New
York: Pearson Education, Inc.
Patel, M., & Jain, P. M. 2008. English
Language Teaching (Methods, Tools &
Technique).
Jaipur: Sunrise Publisher & Distributors.
Richards, J. C. 2001. Curriculum Development
in Language Teaching. Cape Town:
Cambridge University Press.
Spratt, M., Pulverness, A., & Williams, M.
The Teaching Knowledge Test
Course: Modules 1, 2 and 3.
Singapore: Cambridge University Press.
Ur, P. 2009. A Course in Language Teaching:
Practice and Theory. Cambridge:
Cambridge University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nurmala Hendrawaty, Rina Husnaini Febriyanti, Hanna Sundari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |