Peningkatan Perilaku Prosoial Melalui Penguatan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah terhadap perilaku prososial. Metode penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa yang berada di SMK Negeri wilayah Jakarta Timur dengan ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling dan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dengan uji t dan uji koefisien determinasi. Analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara literasi digital dan keterampilan pendidik, dengan persamaan regresi Y = 5,204 + 0,651X. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel, sedangkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa proporsi variasi perilaku prososial yang dapat ditingkatkan oleh persepsi siswa atas lingkungan sekolah adalah sebesar 47%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi atas lingkungan sekolah secara signifikan dapat mempengaruhi perilaku prososial.
Keywords
Persepsi Atas Lingkungan Sekolah; Perilaku Prososial
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i3.26029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lusiana Wulansari, Siti Suaedah, Wina Marma Kusumah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |