PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENDAPATKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAKE AND GIVE DAN TIPE TREFFINGER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Rita Patonah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar yang baik tentunya harus ditunjang oleh model pembelajaran yang tepat dan berfungsi sebagai pendorong untuk mencapai keberhasilan belajar. Tingkat hasil belajar peserta didik dalam menguasai dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dipengaruhi oleh bebarapa faktor. Faktor-faktor tersebut ada yang berasal dari dalam diri peserta didik (internal) maupun dari luar peserta didik (eksternal). Dalam proses pembelajaran tidak semua peserta didik dapat menerima materi dengan mudah, penggunaan model pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang disampaikan melalui materi dalam kartu untuk dihapal dan pemecahan masalah, sehingga adanya model dapat membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru. Kegiatan ini berupa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe take and give dan tipe treffinger pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode EksperimenĀ  dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental. Eksperimen dilakukan dengan objek penelitian yang terdiri dari dua kelas eksperimen yaitu kelas Take and Give dan kelas Treffinger. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran cooperative learning tipe take and give dan tipe treffinger pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari pencapaian peserta didik dalam setiap pelaksanaan pembelajaran yang mendapatkan model pembelajaran cooperative learning tipe take and give peningkatan hasil belajarnya lebih tinggi daripada yang mendapatkan tipe treffinger.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2013. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i2.2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rita Patonah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.