PERSEPSI GURU TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Prima Gusti Yanti(1*), Nini Ibrahim(2), Fauzi Rahman(3)

(1) FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Guru terhadap Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMA. Selain itu, tujuan khusus dari penelitian ini untuk mengkaji pengaplikasian sebuah pendekatan pembelajaran yang sudah dirumuskan oleh pemerintah. Adapun SMA yang menjadi sasaran adalah MAN 15 Jakarta, SMA Budhi Warman Jakarta, dan SMKN Giri Taruna Bogor. Metode penelitian menggunakan metode survey. Metode Survey ialah metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan dalam pengamatan langsung terhadap suatu gejala dalam populasi besar atau kecil. Proses penelitian survey merupakan suatu fenomena sosial dalam bidang pendidikan yang menarik perhatian peneliti. Pengetahuan  berdasarkan paradigma ini disusun berdasarkan logika deduktif dengan merangkai atau menempatkan teori-teori atau pengetahuan sebelumnya sebagai landasan penyusunan hipotesis dan melakukan pengujian terhadapnya berdasarkan prinsip dan teknik kuantitatif. Hasil yang diperoleh menggambarkan bahwa metode pembelajaran saintifik yang diamati pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sasaran penelitian telah  terpenuhi. Akan tetapi, pada salah satu sample pengamatan didapati bahwa kegiatan saintifik masih belum berurutan, seperti misalnya proses mengeksplorasi yang dilakukan setelah proses mengasosiasikan. Secara umum, guru-guru yang diamati telah melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode saintifik.


Full Text:

PDF PDF

References


Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Hamalik, Oemar.2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hardy, Malcolm & Steve Heyes. 1988. Pengantar Psikologi. Penerjemah: Soenardji. Jakarta: Erlangga.

Kemdikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintific (Modul Diklat). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. 2014 Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interest Media.

Nation, I.S.P and Macalister, J. 2010. Languace Curiculum Design. New York: Routlegde.

Nunan, D. 1988. Syllabus Design. Oxford: Oxford University Press.

Richards, Jack C.2005. Curriculum Develelopment in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Singarimbun, Masri.1991. Metode Penelitian, Yogyakarta : LP3S.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Abdul Azis. 1990. Penyiapan dan Pengembangan Manajer Pendidikan Profesional. Bandung: IKIP Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prima Gusti Yanti, Nini Ibrahim, Fauzi Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.