Representasi Jabar Masagi dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di SMAN 19 Kota Bandung
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Karakter telah menjadi suatu akhlak (moral excellence) yang dibangun atas dasar kebaikan dan kebajikan (virtues) dengan dukungan nilai-nilai yang berlaku pada suatu budaya yang dimiliki oleh suatu negara. Dalam hal ini, pendidikan karakter memegang peranan yang penting mengingat kini telah banyak muncul tindakan penekanan, pemaksaan, dan juga tindakan kekerasan lain yang memprihatinkan. Pendidikan karakter harus diarahkan pada upaya pengembangan nilai-nilai yang mendasari suatu kebijakan. Untuk memperkokoh dalam proses implementasi pendidikan karakter disini, dapat dilakukan pelaksanaan suatu program yang mendukung yakni “Jabar Masagi”. Ini merupakan suatu model pendidikan karakter berbasis budaya dan nilai-nilai kearifan lokal yang memiliki visi dan misi tertentu. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara pada beberapa sumber dan dibantu dengan kajian pustaka pada beberapa sumber ilmiah. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan suatu kebermanfaatan terutama dalam proses penjagaan pendidikan karakter dengan bantuan program “Jabar Masagi”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhinekaswathi, D. (2022). Empat Niti Kurikulum Jabar Masagi: Ruang Belajar Berinovasi Dan Berkreasi. Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 454-457.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2020). Panduan_Kurikulum_Masagi_Bagi_GTK. https://dapodik.disdik.jabarprov.go.id/akb/berkas/PANDUAN_KURIKULUM_MASAGI_BAGI_GTK.pdf
Dipraja, M. K. (2019). Menangkap Makna dalam Dinamika Pendidikan. SPASI MEDIA.
Isnendes, R., & Fasya, M. (2023). Nilai Filosofis dalam Metafora Jabar Masagi. Prosiding Konferensi Nasional Etnoparenting, 1(1), 121-132.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA lnformasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104.
Rachman, E. A., & dkk. (2022). Model Pembelajaran Pancaniti Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio, 1533-1546.
Sagita, D. D., & Hermawan, D. (2020). Kesepian remaja pada masa pandemi COVID-19. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 122-130.
Saihu. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).
Saihu, S., & Marsiti, M. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Upaya Menangkal Radikalisme Di SMA Negeri 3 Kota Depok, Jawa Barat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23-54.
Sudaryat, Y. (2015). Wawasan Kesundaan. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Sudaryat, Y., Nurjanah, N., Kuswari, U., Haerudin, D., Srihilmawati, R., Darajat, D., ... & Nursolah, M. (2023). Analisis Perangkat Ajar Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Sunda Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 68-74.
Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107-113.
Tioktowati, D. (2020). STRATEGI FORESIGHT LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER JABAR MASAGI. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 2(1), 1-11.
Yasa, K. A. (2021). IMPLEMENTASI ASPEK RELIGIUS DALAM KURIKULUM JABAR MASAGI DI SMAN 6 BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i3.21966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Astria Cindiawati, Sopi Sopianti Nur Irvan, Muhammad Akbar Affilah, Gres Apriyanti Simanjuntak, Diana Noor Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |