EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SQ3R PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN

Ema Rahayu Fitriyani(1*), Deasy Aditiya Damayanti(2), Nizar Alam Hamdani(3), Ardi Mulyana Hariadi(4)

(1) Institut Pendidikan Indonesia
(2) Institut Pendidikan Indonesia
(3) Institut Pendidikan Indonesia
(4) Institut Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang kurang efektif khususnya dalam pembelajaran membaca khususnya pemahaman bacaan di MTs. Kemampuan siswa kelas VIII Iqro Leles dalam membaca pemahaman belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII MTs Iqro Leles tahun ajaran 2021/2022 sebelum menerapkan metode SQ3R? 2) Bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII Mts Iqro Leles tahun pelajaran 2021/2022 setelah menerapkan metode SQ3R? Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain The Static Group Pretest-Posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Iqro Leles yang berjumlah 54 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A kelas kontrol sebanyak 27 siswa dan kelas VIII B kelas eksperimen sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik pengolahan data yang peneliti gunakan adalah SPSS 22. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretes kemampuan membaca pemahaman pada kelas eksperimen diperoleh nilai 45,55 dan pada kelas kontrol. kelas diperoleh nilai 47,77, sedangkan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai 72,96 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai 72,59. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney, data akhir (posttest) diperoleh nilai 0,000, karena Sig < 0,05 maka H? ditolak dan H? diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran membaca pemahaman dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) lebih efektif daripada menggunakan metode ceramah.

Keywords


Efektivitas, Metode SQ3R, Membaca, Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Afiana, R., Pratiwi, W. D., & Nurhasanah, E. (2021). Keefektifan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Fiksi di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2362-2370.

Afiana, R., Pratiwi, W. D., & Nurhasanah, E. (2021). Keefektifan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Fiksi di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2362-2370.

Andini, A. S., Hamdani, A., & Nurjamin, A. (2022). Metode Kupas Rangkai Suku Kata Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Lingua Sastra, 2(1), 11-17.

Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2).Vol 2, No 2

Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2).Vol 2, No 2

Hasanah, N. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Aktif Tipe Trading Place Berorientasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Membaca Artikel Ilmiah Populer: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMAN I Garut tahun Ajaran 2013-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare.penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 46 Parepare.

Nurwahidah, L. S., Kartini, A., & Anggela, I. (2021). The Influence of Intelligence Quotient (Iq) Towards The Speed Reading Ability. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(3), 239-246.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.17336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ema Rahayu Fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.