Studi Komparasi Motivasi Belajar Siswa Saat Pembelajaran Daring Dan Tatap Muka Pada Era New Normal Di SMAN 18 Tigaraksa Kabupaten Tangerang

Tiara Setyoningrum(1*), Septi Kuntari(2), Yustika Irfani Lindawati(3)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Motivasi belajar sangat mempengaruhi siswa dalam proses pembelajaran daring dan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar siswa saat pembelajaran daring dan tatap muka di era new normal pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 18 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode sampling yang dipakai yaitu simple random sampling dan diperoleh 57 orang sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis paired sample t-test. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu adanya perbedaan motivasi belajar siswa saat pembelajaran daring dan tatap muka. Menurut teori ARCS Keller saat daring, proses diskusi cenderung pasif, kurangnya kepercayaan diri siswa untuk bertanya dan dipengaruhi oleh lingkungan belajar yang kurang kondusif. Berbeda dengan saat tatap muka, siswa cenderung lebih berani yang membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan dipengaruhi oleh suasana belajar yang mendukung.

Full Text:

PDF PDF

References


Andarestia, T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas XI di SMAN 2 Muaro Jambi [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/21619/

Kemendikbud, J. (2022). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). https://www.ainamulyana.xyz/2022/04/skb-4-menteri-tanggal-22-april-2022.html

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif/Zw8REAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penelitian+kuantitatif&printsec=frontcover

Pemkab Tangerang. (2021). Pemkab Tangerang Berlakukan Simulasi PTM. Sekda perintahkan Camat dan Lurah Memonitor. Tangerang.Kab.Go.Id. https://tangerangkab.go.id/detail-konten/show-berita/4631

Putri, K., Harisnawati, & Hefni. (2021). Studi Komparatif Perbedaan Motivasi Belajar Siswa dalam Sistem Pembelajaran Luring dengan Daring pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6482–6487.

Rawie, A., Savitri, E., Rahman, A., & Hermawan, Y. (2022). Pengaruh Kecemasan dan Motivasi Belajar dalam Pembelejaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XII SMA Batik 1 Surakarta. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2569/http

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Andi Offset.

Rini Marliani. (2021). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN SAAT PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 SUMEDANG. http://repository.upi.edu/id/eprint/66608

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan (A. Rikki (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Daring_untuk_Pendidikan_Teo/iuz4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tiara Setyoningrum, Septi Kuntari, Yustika Irfani Lindawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.