Kondisi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Islam Jepara

Nita Wulan Sari(1*), Tri Suyati(2), Farikha Wahyu Lestari(3)

(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang
(3) Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is a study of the saturation condition of learning at Jepara Islamic High School. This study aims to determine the level of learning saturation conditions that exist in Jepara Islamic High School. This research was conducted by distributing questionnaires to be filled out by students there. The method used to analyze the data is a quantitative descriptive analysis technique which is included in the score distribution and rating scale categories that have been determined. The results of the validation of learning saturation are: (1) student learning saturation is high with a percentage of 59%. (2) student learning saturation is low with a percentage of 41%. Based on these results, the level of learning saturation of class X students at Jepara Islamic High School is in the fairly high category.


Keywords


Kejenuhan Belajar; SMA Islam Jepara

Full Text:

PDF

References


Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Soegeng, A.Y. 2017. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Taufiq, A. U., Tina, K. T., & Djafar, H. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Awareness Training Terhadap Motivasi Belajar Fisika”. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 10-16.

Uzairon, F. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Vii Smpn 4 Pesisir Selatan”. Tesis. Lampung: UIN Raden Intan.

Shawmi, A. N. (2016). “Analisis pembelajaran sains madrasah ibtidaiyah (MI) dalam kurikulum 2013”. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 121-144.

Melati, R. (2021). “Efektivitas Teknik Assertive Training dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking pada Siswa Kelas IX B di SMP Negeri 15 Banjarmasin”. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Bildhonny, A. F. (2017, November). “Menurunkan kejenuhan belajar siswa dengan teknik relaksasi pada mata pelajaran pendidikan jasmani”. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga (Vol. 1, No. 1, pp. 274-280).

Mailita, M., Basyir, M. N., & Abdullah, D. (2016). “Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri Banda Aceh”. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(2).

Harnida, H. (2015). “Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan burnout pada perawat”. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).

Vitasari, Ita. (2016). “Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Mubarok, M. Ilham. (2018). “Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Konseling Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). “Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa Dan Usaha Guru BK Untuk Mengatasinya”. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).

Ruhaida. (2018). “Hubungan Locus of Control Internal Terhadap Burnout Pada Kary

Irwansyah, M. (2020). “Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar SMP Pelita Medan”. Tesis. Sumatra: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kajian Akuntansi: Teori Dan Riset. (2022). (n.p.): CV Literasi Nusantara Abadi.

Bunga Rampai Pengembangan Masyarakat: Dari Teori ke Praktik: Belajar Bertindak Bersama Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat. (2022). (n.p.): Nas Media Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nita Wulan Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.