Analisis Aksi Reaksi Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap dan Karakter Peserta Didik
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699.
Amin, K., Jailani, M. S., & Hakim, N. (2022). Pendidikan Ramah Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Disability Studies And Research, 1(1), 6-22.
Ani, D. F., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 29-43.
Apriyanto, S., Abdurrachman, A., Warisno, A., & Murtafiah, N. H. (2023). Analisis Desain Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Program Fullday School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1), 41-53.
Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran Ips Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V Sdn Geluran 1 Taman. Jurnal Education And Development, 9(3), 542-554.
Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran yang Disarankan untuk Tingkat SMK dalam Menghadapi Abad 21.
Decaprio, R. (2017). Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. Diva Press.
Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11.
Hakim, L. (2021). ANALISIS Kurikulum 2013 Dalam Membantupeningkatan Kecerdasan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-38.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105-117.
Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.
Hazmi, N., & Indrawanis, I. (2022). Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Sd Negri 01 Labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jurnal Edukasi, 2(1).
Nome, N. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(2), 158-176.
Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01).
Juniar, N. H., Rizky, R. F., & Amanda, Y. (2022). Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik MI Manbaul Khairat. Arzusin, 2(1), 80-88.
Karalis, T. (2020). Planning and evaluation during educational disruption: Lessons learned from Covid-19 pandemic for treatment of emergencies in education. European Journal of Education Studies.
Karim, A. F. R., Mansur, M., & Yusuf, N. (2018). Implementasi kurikulum diferensiasi pendidikan kewarganegaraan pada kelas akselerasi peserta didik cerdas inklusif MTsN ponorogo. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 138-148.
Kudus, H. H. A. (2019). Peranan Tenaga Pendidik Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(01), 14-27.
Kurniawati, I., & Utomo, H. (2021). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).
Luneto, B. (2022). Sikap Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran:(Analisis Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah al-Hidayah Duminanga). Ar-Risalah, 1(1), 1-18.
Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Bumi Aksara.
Munawir, M. (2021). Strategi pembelajaran gembira dan berbobot.
Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653-2663.
Nasution, F. S., Siregar, N. S., Ramadina, R., Farhana, F., Yusuf, H., & Maulana, M. R. (2022). Pengelolaan Antara Profesionalisme Guru dan Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 297-303.
Nome, N. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(2), 158-176.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Putri, R. F., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 201-211.
Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik paket c. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 173-184.
Rachman, A., Tenri Awaru, A. O., & ANRICAL, A. (2022). Interaksi Sosial Dan Pola Komunikasi Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar). Phinisi Integration Review, 5(1), 1-14.
Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., ... & Cecep, H. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Sadat, F. A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah dalam Menghadapi Abad 21. Tsaqafatuna, 2(2), 15-37.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sari, I. Y., Arista, Y., & Hajron, K. H. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri Bawang. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1319-1326.
Sentia, M., & Jaya, H. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kompetensi Menjelaskan Prinsip Kerja Sistem Pelumas Di Smk Negeri 1 Palangka Raya. Steam Engineering, 2(2), 103-107.
Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69-75.
Siswantini, L., Suharto, V. T., & Soleh, D. R. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Penulisan Cerita Pendek Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas 5 SDN Se Gugus Suryo Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 148-155.
Suparnyo, S. (2022, December). Kecerdasan Yang Paripurna Lulusan Pendidikan Tinggi Hukum Dan Hukum Yang Berkeadilan Di Era Disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus (Vol. 1, No. 1, pp. 121-129).
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.
Wendayani, W., Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Osborn untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 112-123.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41-47.
Yusrie, C. S., Ernawati, E., Mudrikah, A., Barlian, U. C., & Paramansyah, A. (2022). Standarisasi dan Profesionalisas Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Industri 4.0. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 185-210.
Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012-3024.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sabila Eka Septi, Astalini Astalini, Dwi Agus Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |