Analisis Aksi Reaksi Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap dan Karakter Peserta Didik

Sabila Eka Septi(1*), Astalini Astalini(2), Dwi Agus Kurniawan(3)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran inkuiri terhadap sikap dan kepribadian peserta didik. Penelitian ini merupakan studi literatur yang mengkaji penerapan aksi reaksi model pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan sikap dan karakter peserta didik melalui studi literatur. Penelitian studi pustaka ini didasarkan pada artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Implementasi model pembelajaran inkuiri aksi-reaksi menjadi fokus penelitian ini. Menurut temuan kajian pustaka, aksi dan reaksi model pembelajaran inkuiri yang telah diterapkan belum sepenuhnya memenuhi tuntutan kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada penelitian terdahulu bahwa aksi reaksi model pembelajaran inkuiri belum mengakomodasi perbaikan sikap dan karakter peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah pengembangan terhadap aksi reaksi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik.

Keywords


Pendidikan; Aksi Reaksi; Model Pembelajaran; Sikap; Karakter;

Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699.

Amin, K., Jailani, M. S., & Hakim, N. (2022). Pendidikan Ramah Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Disability Studies And Research, 1(1), 6-22.

Ani, D. F., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 29-43.

Apriyanto, S., Abdurrachman, A., Warisno, A., & Murtafiah, N. H. (2023). Analisis Desain Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Program Fullday School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1), 41-53.

Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran Ips Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V Sdn Geluran 1 Taman. Jurnal Education And Development, 9(3), 542-554.

Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran yang Disarankan untuk Tingkat SMK dalam Menghadapi Abad 21.

Decaprio, R. (2017). Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. Diva Press.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1-11.

Hakim, L. (2021). ANALISIS Kurikulum 2013 Dalam Membantupeningkatan Kecerdasan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-38.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105-117.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Hazmi, N., & Indrawanis, I. (2022). Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Sd Negri 01 Labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jurnal Edukasi, 2(1).

Nome, N. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(2), 158-176.

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01).

Juniar, N. H., Rizky, R. F., & Amanda, Y. (2022). Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik MI Manbaul Khairat. Arzusin, 2(1), 80-88.

Karalis, T. (2020). Planning and evaluation during educational disruption: Lessons learned from Covid-19 pandemic for treatment of emergencies in education. European Journal of Education Studies.

Karim, A. F. R., Mansur, M., & Yusuf, N. (2018). Implementasi kurikulum diferensiasi pendidikan kewarganegaraan pada kelas akselerasi peserta didik cerdas inklusif MTsN ponorogo. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 138-148.

Kudus, H. H. A. (2019). Peranan Tenaga Pendidik Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(01), 14-27.

Kurniawati, I., & Utomo, H. (2021). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Luneto, B. (2022). Sikap Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran:(Analisis Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah al-Hidayah Duminanga). Ar-Risalah, 1(1), 1-18.

Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Bumi Aksara.

Munawir, M. (2021). Strategi pembelajaran gembira dan berbobot.

Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653-2663.

Nasution, F. S., Siregar, N. S., Ramadina, R., Farhana, F., Yusuf, H., & Maulana, M. R. (2022). Pengelolaan Antara Profesionalisme Guru dan Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 297-303.

Nome, N. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(2), 158-176.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Putri, R. F., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 201-211.

Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik paket c. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 173-184.

Rachman, A., Tenri Awaru, A. O., & ANRICAL, A. (2022). Interaksi Sosial Dan Pola Komunikasi Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar). Phinisi Integration Review, 5(1), 1-14.

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., ... & Cecep, H. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sadat, F. A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah dalam Menghadapi Abad 21. Tsaqafatuna, 2(2), 15-37.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sari, I. Y., Arista, Y., & Hajron, K. H. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri Bawang. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1319-1326.

Sentia, M., & Jaya, H. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kompetensi Menjelaskan Prinsip Kerja Sistem Pelumas Di Smk Negeri 1 Palangka Raya. Steam Engineering, 2(2), 103-107.

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69-75.

Siswantini, L., Suharto, V. T., & Soleh, D. R. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Penulisan Cerita Pendek Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas 5 SDN Se Gugus Suryo Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 148-155.

Suparnyo, S. (2022, December). Kecerdasan Yang Paripurna Lulusan Pendidikan Tinggi Hukum Dan Hukum Yang Berkeadilan Di Era Disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus (Vol. 1, No. 1, pp. 121-129).

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Wendayani, W., Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Osborn untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 112-123.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41-47.

Yusrie, C. S., Ernawati, E., Mudrikah, A., Barlian, U. C., & Paramansyah, A. (2022). Standarisasi dan Profesionalisas Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Industri 4.0. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 185-210.

Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012-3024.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sabila Eka Septi, Astalini Astalini, Dwi Agus Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.