Pengembangan Interactive Learning Management System Berbasis Website Bermuatan Kearifan Lokal Topik Perpindahan Kalor

Listianingsih Listianingsih(1*), Tsania Nur Diyana(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan sistem teknologi dan informasi yang pesat menimbulkan perkembangan signifikan dalam media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pun saat ini masih jarang mengaitkan dengan kebudayaan lokal. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan atau menguji kelayakan media interactive learning management system (LMS) berbasis website yang bermuatan kearifan lokal budaya Bakar Batu pada topik perpindahan kalor. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan yang dimodifikasi menjadi 3-D terdiri dari define, design, dan develop terbatas yaitu pengujian kelayakan produk. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop terbatas berupa instrumen angket kelayakan produk. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji kelayakan media oleh validator ahli diperoleh rata-rata 3,65 dengan kategori sangat layak dan oleh validator praktisi diperoleh rata-rata 3,8 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan interactive learning management system (LMS) berbasis website bermuatan kearifan lokal budaya Bakar Batu pada topik perpindahan kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Interactive learning management system; Website; Kearifan lokal; Perpindahan kalor

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57-65.

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa elektronik bermuatan multimedia untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDI Rutosoro di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48-61.

Butnaru, G. I., Ni??, V., Anichiti, A., & Brînz?, G. (2021). The effectiveness of online education during covid 19 pandemic—a comparative analysis between the perceptions of academic students and high school students from romania. Sustainability, 13(9), 5311.

Dharma, N. M. M. et al. 2021. Challenges of generation z in maintaining local culture as a national identity in globalization era. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5 (3):10708-10720.

Efriana, L. (2021). Problems of online learning during covid-19 pandemic in EFL classroom and the solution. Journal of English Language Teaching and Literature. 2: 2721–1916.

Elas, E. (2018). Keunikan Acara Adat Bakar Batu Dan Noken Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Masyarakat Di Papua. Domestic Case Study.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Journal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210.

Fathonah, N., Rahardjo, S., & Prayitno, B. (2018, September). Analysis of Students' Science Process Skill of Junior High School in Ngawi District in Material Classification and its Changes. In International Conference on Teacher Training and Education 2018 (ICTTE 2018) (pp. 302-305). Atlantis Press.

Ferdiansyah, F. & Irfan, D. (2021). Interactive learning media based on website in vocational school. AL-ISHLAH. 13(1):755-762.

Filujeng, D. O., Martini, M., & Purnomo, A. R. (2022). Implementasi Home Laboratory Topik Perpindahan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Masa Pandemi. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 94-101.

Gross, C. M. (2012). Science concepts young children learn through water play. Dimensions of Early Childhood, 40(2), 3-11.

Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32-42.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2020, January). Pengembangan media flipbook fisika berbasis android untuk meningkatkan prestasi belajar pada topik perpindahan kalor. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 146-153.

Listianingsih, L., Ajri, A. S., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan Physics SSP Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa: Uji Kelayakan. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 67-74.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika, 45.

Nalarita, Y., & Listiawan, T. (2018). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia, 12(2), 85-94.

Prasetyo, A. R., Rahmawati, N., & Sidyawati, L. (2020). Comedy Sebagai Apersepsi Dalam Pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 158-165.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 177-182.

Rahadini, A.A., Nurhayati, E., and Suwarna, S. 2022. Teachers’ beliefs about Javanese learning materials on local wisdom curriculum in Indonesia. Journal of Language and Linguistic Studies, 18(1):348-358.

Ramadannisa, R. F., & Hartina, M. M. (2021). The Design of Web-Based Learning Using Google Sites for Teaching Heat and Temperature Topic. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 107-114.

Silaban, P. S. M., Suharianto, J., Putriku, A. E., Siahaan, S. D., & Sembiring, J. P. B. (2022, January). The Effectiveness of Developing Econometrics Learning Media Based on the Website “Poetrisilaban. com” on Learning Outcomes. In 2nd International Conference of Strategic Issues on Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2021) (pp. 236-242). Atlantis Press.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 145-152.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 111-123.

Susilowati, P. (2013). Profil Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Melatih Kemandirian Belajar pada Materi Virus. BioEdu, 2(1), 105-112.

Syuhendri, S., & Marlina, L. (2022). Analisis Miskonsepsi Pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Metode CRI. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 6(2), 42-48.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187-199.

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., & Oktavirayanti, R. (2018). Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(1), 17-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i1.15933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Listianingsih Listianingsih, Tsania Nur Diyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.