PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X SMK NEGERI 1 CIKARANG SELATAN
(1) Universitas Islam 45 Bekasi
(2) Universitas Islam 45 Bekasi
(3) Universitas Islam 45 Bekasi
(4) Universitas Islam 45 Bekasi
(*) Corresponding Author
Abstract
Model pembelajaran project based learning dalam penelitian ini menuliskan tujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas X SMKN 1 Cikarang Selatan. Intsrumen data penelitiannya berupa non tes atau pengamatan dari guru. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan selama 3 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan reflesi. Hasil penggunaan model Project Based Learning yakni daya kreativitas siswa meningkat pada materi berfoya-foya, riya, sum’ah, dan takabbur dengan memenuhi standar kategori kreativitas yang ditentukan. Hasil siklus 1 siswa mencapai ketuntasan 54%, pada siklus 2 mencapai 73%, dan pada siklus 3 mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dituliskan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Keywords
References
Amrozi, T. (2018). Impelementasi Project Based Learning Untuk Mengembangkan Skills Dan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam (PAI). 1(2), 13.
Anwar, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dengan Metode Pembelajaran Problem Based LearningDi Kelas IXA SMPN 60 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. 8.
Fatmariyanti, S. D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Man I Kebumen. 4.
Gunawan, A. R. (2022). Kompetensi Pendidik Ideal Berbasis Al-Qur’an (Telaah terhadap Q.S. Luqman; 12, Q.S. Ar-Rahman: 1-5, Q.S. An-Najm: 3-10, Q.S. An-Nahl: 43-44). AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 6(2), 573. https://doi.org/10.29240/alquds.v6i2.4200
Irnawati, I., Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.144
Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. 1, 10.
Ratnawati, D., Abidin, A. Z., & Zulfikar, E. (2020). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Di Era Industri Dalam Konteks Indonesia. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 72. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i1.8624
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 8(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574
Silmi, B., Fariyatul Fahyuni, E., & Puji Astutik, A. (2022). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Sekolah Dasar. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 135–146. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.370
Sulisworo, D. (2019). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Alprin.
Syafei, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Peserta Didik Sma Negeri Di Kota Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 137–158. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3631
Zulmiani, N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Nama Allah Dan Kitab Kitab-Nya Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 001 Tarempa Tahun Pelajaran 2019/2020. 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elsiana Kartika, Acep Mulyadi, Acep Mulyadi, Irham Irham, Irham Irham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |