Pengaruh Usaha Guru dalam Pengelolaan Kelas Matematika terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Berbasis Pondok Pesantren

Muhammad Haikal Abror(1*), Nidaur Rahma Aulia(2), Suparni Suparni(3)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh usaha guru dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif.  Jumlah sampel yang diambil yaitu 42 siswa SMP Islam Darussalam (ID) dan 44 siswa SMP Sains Al-Quran Wahid Hasyim (SAWH) dengan teknik cluster random sampling. instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Angket dibuat dengan model Likert dengan 6 pernyataan tentang pengelolaan kelas dan 12 pernyataan tentang motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa usaha guru mempengaruhi sebesar 37,7% motivasi belajar matematika siswa di SMP SAWH sedangkan usaha guru mempengaruhi sebesar 33,6% motivasi belajar matematika siswa di SMP ID. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam mengelola kelas berpengaruh kepada motivasi belajar matematika siswa.

Keywords


Motivasi, Motivasi Belajar, Motivasi Belajar Matematika, Usaha Guru, Pengelolaan Kelas

Full Text:

PDF

References


Assingkily, M. S. & Mikyal Hardiyati. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. 2(2), 19–31.

Aziz. 2003. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Khotimah, Sita Husnul. 2019. Al-Qur’an Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar. XV,. 2 103–15

Hadari N. Organisasi Sekolah. 115.

Hamdu, G., & Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press IKIP Malang.

Janie, Dyah Nirmala Arum Janie. 2012. Statistik Deskriptif & Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press

Made Pidarta, Pengelolaan Kelas (Surabaya: Usaha Nasional, tt.).

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung, PR Remaja Rosdakarya, 2006).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sahardan, dkk. 2008.Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sarnoto, A. Z., &Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.

Sudirman, Ilmu Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991), 310.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNYPress

Suardi, M. (2015). Urgensi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 15 Bulukumba. Jurnal Pendidikan. Makasar: Unhas.

Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49-59.

Uno, Hamzah. 2010. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Waritsman, Arsyil. 2020. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 2(1), 28-32. 28

Wati, A. R. Z., &Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Haikal Abror, Nidaur Rahma Aulia, Suparni Suparni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.