Pengaruh Usaha Guru dalam Pengelolaan Kelas Matematika terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Berbasis Pondok Pesantren
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assingkily, M. S. & Mikyal Hardiyati. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. 2(2), 19–31.
Aziz. 2003. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Khotimah, Sita Husnul. 2019. Al-Qur’an Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar. XV,. 2 103–15
Hadari N. Organisasi Sekolah. 115.
Hamdu, G., & Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press IKIP Malang.
Janie, Dyah Nirmala Arum Janie. 2012. Statistik Deskriptif & Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press
Made Pidarta, Pengelolaan Kelas (Surabaya: Usaha Nasional, tt.).
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.
Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung, PR Remaja Rosdakarya, 2006).
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sahardan, dkk. 2008.Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sarnoto, A. Z., &Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.
Sudirman, Ilmu Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991), 310.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNYPress
Suardi, M. (2015). Urgensi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 15 Bulukumba. Jurnal Pendidikan. Makasar: Unhas.
Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49-59.
Uno, Hamzah. 2010. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Waritsman, Arsyil. 2020. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 2(1), 28-32. 28
Wati, A. R. Z., &Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Haikal Abror, Nidaur Rahma Aulia, Suparni Suparni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |