PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
(1) PDII LIPI
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Minat dapat memengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalambidang studi tertentu, seorang siswa yang menaruh minat besar terhadap suatu mata pelajaran tertentu, maka ia akan memusatkan perhatiannya lebih banyak daripada siswa lain. Karena pemusatan perhatian yang intensif terhadap materi itulah yang memungkinkan siswa tadi untuk belajar lebih giat, dan akhirya me1ncapai prestasi yang diinginkan.
Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang ada pada seseorang sehubungan dengan prestasi, yaitu dorongan untuk menguasai, memanipulasi serta mengatur lingkungan sosial maupun fisik, mengatasi rintangan-rintangan dan memelihara kualitas kerja yang tinggi, bersaing melalui usaha-usaha untuk melebihi perbuatan di masa lalu serta untuk mengungguli perbuatan orang lain.
“Motivasi belajar juga dapat diartikan sebagai kecenderungan untuk mencapai sukses atau memperoleh apa yang menjadi tujuan akhir yang dikehendaki” (Gunarsa dan Gunarsa, 1995). Keinginan untuk mencapai kesuksesan atau tujuan akhir tersebut akan dianggap sebagai pendorong dari setiap kegiatan yang dilakukan. McClelland dan Atkinson juga mengungkapkan bahwa “Motivasi belajar adalah kecenderungan umum untuk berusaha meraih kesuksesan dan memiliki orientasi tujuan, aktivitas sukses, atau gagal”.
Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PKn adalah pencapaian tujuan pembelajaran yang dapat dinyatakan dalam bentuk skore atau nilai sebagai bentuk perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar Pendidikan Kewarganegaraan/PKn yang mempelajari persatuan dan kesatuan bangsa, norma hukum dan peraturan, Hak Azasi Manusia (HAM), dan kebutuhan warganegara.
Minat dapat memengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam bidang studi tertentu, seorang siswa yang menaruh minat besar terhadap suatu mata pelajaran tertentu, maka ia akan memusatkan perhatiannya lebih banyak daripada siswa lain. Karena pemusatan perhatian yang intensif terhadap materi itulah yang memungkinkan siswa tadi untuk belajar lebih giat, dan akhirya mencapai prestasi yang diinginkan.
Kata Kunci : Minat, Motivasi, Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Kartono Kartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |