PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kartono Kartono(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

      Minat dapat memengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalambidang studi tertentu, seorang siswa yang menaruh minat  besar terhadap suatu mata pelajaran tertentu, maka ia akan memusatkan perhatiannya lebih banyak daripada siswa lain. Karena pemusatan perhatian yang intensif terhadap materi itulah yang memungkinkan siswa tadi untuk belajar lebih giat, dan akhirya me1ncapai prestasi yang diinginkan.

             Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang ada pada seseorang sehubungan dengan prestasi, yaitu dorongan untuk menguasai, memanipulasi serta mengatur lingkungan sosial maupun fisik, mengatasi rintangan-rintangan dan memelihara kualitas kerja yang tinggi, bersaing melalui usaha-usaha untuk melebihi perbuatan di masa lalu serta untuk mengungguli perbuatan orang lain.

“Motivasi belajar juga dapat diartikan sebagai kecenderungan untuk mencapai sukses atau memperoleh apa yang menjadi tujuan akhir yang dikehendaki” (Gunarsa dan Gunarsa, 1995). Keinginan untuk mencapai kesuksesan atau tujuan akhir tersebut akan dianggap sebagai pendorong dari setiap kegiatan yang dilakukan. McClelland dan Atkinson juga mengungkapkan bahwa “Motivasi belajar adalah kecenderungan umum untuk berusaha meraih kesuksesan dan memiliki orientasi tujuan, aktivitas sukses, atau gagal”.

        Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PKn adalah pencapaian tujuan pembelajaran yang dapat dinyatakan dalam bentuk skore atau nilai sebagai bentuk perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar Pendidikan Kewarganegaraan/PKn yang mempelajari persatuan dan kesatuan bangsa, norma hukum dan peraturan, Hak Azasi Manusia (HAM), dan kebutuhan warganegara.

Minat dapat memengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam bidang studi tertentu, seorang siswa yang menaruh minat  besar terhadap suatu mata pelajaran tertentu, maka ia akan memusatkan perhatiannya lebih banyak daripada siswa lain. Karena pemusatan perhatian yang intensif terhadap materi itulah yang memungkinkan siswa tadi untuk belajar lebih giat, dan akhirya mencapai prestasi yang diinginkan.

 

Kata Kunci : Minat, Motivasi,  Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan

 

 

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kartono Kartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.