Analisis Kompentensi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA N 5

Ulfa Fadhillah(1*), Putri Yulia(2)

(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) institut agama islam negeri kerinci
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan seorang guru dalam memahami materi pembelajaran secara umum dan mendalam, termasuk pengajaran berbasis konsep, menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dalam kehidupan sehari-hari, dan menjunjung 4.444 nilai dan budaya bangsa yang berbeda, dikenal sebagai kompetensi guru profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan instruktur profesional kelas XI SMA Negeri 5 Sungai penuh dalam memahami isi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmiah, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta menghasilkan materi matematika secara kreatif. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif merupakan strategi yang diterapkan. Trimulasi data adalah metode analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan instruktur profesional dalam mengajar matematika di bawah standar. Hal ini terlihat dari tiga komponen penilaian yang guru hanya melengkapi satu yaitu kemampuan. untuk menguasai materi pelajaran, organisasi, ide, dan perspektif ilmiah. Penguasaan Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi guru belum maksimal. prosedur pendidikan. Guru telah melakukan beberapa upaya untuk mengembangkan materi secara kreatif, namun belum maksimal. Hal ini terlihat dari masih jarangnya pemanfaatan strategi pembelajaran, materi pembelajaran, dan media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Amalia Rizki Pautina dan Nur Ainun Djaena. (2021). Jurnal Pendidikan Islam. Irfani Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 179–188.

Arifin, M. (2020). Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Statistika. Didactical Mathematics, 2(2), 10.

Bagindo, R., & Yulia, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41-48.

Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 42-48.

Garung, E. R., Kaleka, Y. U., & Deke, O. (2022). Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru dalam Melaksanakan Program Seminar Praktik Sekolah (SPS) di SMAN 1 Kota Tambolaka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 496–503.

Gustina, E., & Anisah, A. (2020). Analisis Profesionalisme Guru Di Smk Negeri 1 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(1), 14.

Haryani, D., Amelia, F., & Yulia, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Stad Dan Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Usb Sagulung Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Helmi, J. (2015). Membangun profesionalitas guru. Education, 7(2), 319–336.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Novi, N., & Budjang, G. (2016). Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Adisucipto Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(11)

Pautina, A. R., & Djaena, N. A. (2021). Model Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Religi dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Serta Prestasi Peserta Didik. Irfani, 17(2), 179-188

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas model pembelajaran pbldan taiterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswakelas vii smp negeri 47 batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1-8.

Sari, R. N., & Yulia, P. (2017). Analisis Hubungan Adversity Quetient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan. Jurnal Dimensi, 6(3)..

Sumardjoko, B., & Prasetyo, A. (2016). Pengembangan profesionalisme guru SMA, MA, dan SMK Muhammadiyah Sukoharjo jawa tengah. Jurnal Varidika, 28(1), 77-89.

Syaifulloh, M. (2017). Analisis Profesionalisme Guru, Diklat Dan Prestasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada Sekbin 3 Uptd Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 17.

Yulia, P. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56-62.

Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207-221.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.15557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ulfa Fadhillah, Putri Yulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.