Pengaruh Pendampingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Sentul

Gitanyali Bening Maretina(1*), Siti Mas'ula(2), Silvia Lailatun(3), Indah Yulita(4)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(4) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendampingan orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar (SD). Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa, dengan menggunakan skala Likert. Menganalisis data uji memakai regresi linear sederhana. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa kelas V SD Negeri 2 Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Hasil analisis data memberikan nilai estimasi sebesar -.026 yang menunjukkan bahwa pendampingan orang tua berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar, dan nilai R-squared sebesar 0.680 yang menunjukkan bahwa proporsi dukungan orang tua signifikan sebesar 68% berdampak pada motivasi siswa SD. Oleh karena itu, orang tua harus mendampingi anaknya dalam belajar. Guru kelas dapat mengkoordinasikan ketidakmampuan belajar dengan orang tua dan belajar tentang perilaku siswa di sekolah.

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ardhiyah, M. A. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5-8.

Ardhiyah, M. A. (2019). Pengaruh Pekerjaan/Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 5-8.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Fatmawati, I., Djamas, N., & Rahmadani, A. (2021). Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas Terhadap Tingkat Stres Akademik Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 12-19.

Harmaini, H. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2), 80-93.

Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, E. F., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132-146.

Qomaruddin, Q. (2017). Pendampingan Orangtua Terhadap Pendidikan Anak. Cendekia, 3(1), 1-16.

Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99-110.

Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran, M. (2016). Kontribusi konsep diri dan dukungan orangtua terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Koselor: Jurnal Profesi Konseling, 5(1), 1-14.

Suryadi, S., Triyono, T., Nur, A., & Dianto, M. (2020). Hubungan penyesuaian diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1).

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integritas). Jakarta: Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2013).Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan(Cetakan ke-10). Jakarta: Bumi Aksara

Utami, I. H. P., & Thohir, M. A. (2022). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 116-122.

Waruwu, F.E.(2006). “Belajar dan Motivasi: Bagaimana Meningkatkan Motivasi Internal”.Jurnal Provitae,Vol. 2, No. 2: 21-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gitanyali Bening Maretina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.