Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa di MTs Negeri 2 Palangka Raya

Galih Kurnia Faqih(1*), R Romiaty(2)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep diri ialah sikap seorang individu dalam memandang dirinya sendiri. Konsep diri mempunyai pengaruh pada komunikasi interpersonal, karena seseorang berperilaku sebisa mungkin menurut konsep diri yang ia miliki. Pentingnya kemampuan berkomunikasi pada siswa yaitu agar mampu  untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial yang baru. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Palangka Raya pada siswa kelas VIII dengan tujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa, komunikasi interpersonal siswa dan untuk membuktikan adanya hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal kelas VIII MTs Negeri 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Hipotesis penelitian ini ialah Adanya Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini ialah penelitian dengan populasi sebanyak 311siswa dan sampel penelitian sebanyak 83 siswa. Analisis statistik kuantitatif ialah teknik yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini dan data yang diperoleh melalui angket. Dari 83 anggota sampel diperoleh hasil persentase yang paling tinggi bahwa 36% siswa memiliki konsep diri dengan kriteria cukup. Kemudian, diperoleh hasil persentase yang paling tinggi 43% siswa memiliki komunikasi interpersonal dengan kriteria cukup. Adanya hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa dan telah dianalisis dengan koefesien korelasi Product Moment bahwa nilai r_hitung = 0,409, jika dilihat dalam tabel koefisien korelasii dari Guilford angka itu terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,599 sehingga dapat disimpulkan tingkatan hubungan antara variabel konsep diri dan variabel komunikasi interpersonal ialah sedang.

Kata Kunci:

Konsep diri; Komunikasi Interpersonal.


Full Text:

PDF

References


Afifah, S. (2019). ”Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern”. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4).

Andinny, Y. (2015). “Pengaruh Konsep Diri Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Formatif, 3(2), 126–135.

Astuti, D. A. (2017). “Pola Asuh Orangtua, Konsep Diri Remaja dan Perilaku Seksual”. Jumantik (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 1(1), 104-120.

Handayani, M. (2016). “Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Visi , 11 (1), 57 – 64

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 23–34.

Hasanah, Hasyim. (2015). “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender.” Jurnal Sawwa XI(1) : 51-74.

La Adi. (2022). “Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam”. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid , 7 (1), 1–9

Laksana, Muhibudin Wijaya. (2015). Psikologi Komunikasi: “Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Interaksi Manusia”. Bandung: CV Pustaka Setia

Purwanto, N. (2017). “Psikologi Pendidikan Remaja”. Bandung: Rosdakarya.

Salsabila A. U., 2021. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus Semarang Fakultas Bahasa Dan Budaya”. Semarang: Universitas Semarang

Sarwono, Sarlito W & Meinarno, Eko A. 2015. “Psikologi Sosial”. Jakarta: Salemba Humanika.

Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). “Pengaruh Konsep Diri Dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan”. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1046-1053.

Sugiyono (2015). “Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods)”. Bandung: Alfabeta

Wulandari, F., Wahyono, H., & Haryono, A. (2016). “Pengaruh Perhatian Orang Tua, Respon Pada Iklan, Intensitas Pergaulan Teman Sebaya, Dan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 99-106.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Galih Kurnia Faqih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.