Pengaruh Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 11 SMK Teknik 10 Nopember

Sahara Maria Ulfah Diningtyas(1*), Prasetio Ariwibowo(2), Robiatul Adawiyah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Alasan penelitian ini dilakukan adalah pembelajaran kewirausahaan secara daring yang di lakukan oleh guru dengan melalui google meet dengan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan membosankan yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran kewirausahaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kewirausahaan melalui daring terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mana penentuan sampel teknik sensus sampling. Berdasarkan hasil uji -t diperoleh  sebesar 7,160 kemudian dibandingkan = 1,980 maka  >  yaitu 7,160 > 1,980. Dapat disimpulkan terdapat adanya pengaruh strategi pembelajaran kewirausahaan secara daring terhadap hasil belajar.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Kewirausahaan; Hasil Belajar; Daring; Pembelajaran Daring.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (2nd ed., Vol. 0). Universitas Terbuka.

Dewi, K. S., Mayasari, L. I., & Dwiprabowo, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 228–235. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1236

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Djuhartono, T., Ariwibowo, P., & Alhamidi, L. A. (2021). Implementation of Total Quality Management (TQM) on Teaching Factory (TEFA) Vocational Middle School in Bogor District. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 269-282.

Dohona, J. W. P., Gulo, N., & Sitepu, E. (2021). Peranan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Produktifstimulasi Ekonomi Di Kota Medan. GOVERNANCE OPINION, 6(2), 150–156. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1253

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1.

Febrianti, A. N., & Suryati, W. (2020). Pemanfaatan Museum Lampung Sebagai Sumber Belajar Dan Tempat Destinasi Wisata Di lampung. Jurnal Istoria, 4(1), 107–115. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/132/111

Firmansyah, D. (2015). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 3(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Kholiq, A. (2020). Implementasi Manajemen Pendidikan Program Student Islamic Character Building dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 115–138. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/192

Nazarudin. (2020). Manajemen Startegik. In NoerFikri Offset. NoerFikri Offset.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187. https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf

Sekarini, E., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Yang Dimoderasi Oleh Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Xi Bdp Smkn 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ISSN, 08(01), 674–680.

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5671

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Rev. ed). Rineka Cipta.

Sugihartono, & dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Allfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Utami, S. E. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paradigma, 2(1).

Yuliarto, A. F. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://eprints.uny.ac.id/52342/1/SKRIPSIFULL_13803241065_Ahmad Fauzan Yuliarto.pdf

Yuritanto, & Armansyah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Manajemen Stie Pembangunan Tanjungpinang Angkatan Tahun 2020-2021. HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 88–102. https://doi.org/10.30606/hirarki.v3i1.667




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.15037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sahara Maria Ulfah Diningtyas, Prasetio Ariwibowo, PRIYONO PRIYONO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.